Rabu, 14 November 2012

Seputar Test USM STAN dan Perbedaan D1 dengan D3

Bedanya STAN ma Kampus Lain apaan gan
Quote:
1. Sistem Drop Out nya yang terkenal "tega"
2. Selama pendidikan, mahasiswa tidak dipungut biaya pendidikan dan tidak disediakan asrama.
3. Kuliahnya yang harus memakai kemeja warna polos
4. semua lulusan langsung ditempatkan sebagai CPNS/PNS di Departemen Keuangan
5. Programnya Diploma
  1. Soalnya USM STAN itu meliputi apa aja sih gan
    Quote:
    naskah soal USM yang terdiri dari 2 (dua) bagian soal meliputi Tes Potensi Akademik sebanyak 120 soal serta Tes Bahasa Inggris sebanyak 60 soal. Dengan demikian berarti setiap peserta diharapkan dapat menyelesaikan 180 soal selama 150 menit (2,5 jam).
    oh iya, khusus Bea Cukai ada tes fisiknya lho
  2. Susah gak sih gan USM STANnya?
    Quote:
    Kalo ngerjain soalnya sih enggak begitu sulit (karena gak ada fisikanya ) . Tapi buat dapet nilai tertinggi dan lolos itu baru sulit
    Secara tahun lalu yang diterima STAN hanya sekitar 3 % dari jumlah seluruh pendaftarnya se Indonesia
  3. Syarat khusus Bea Cukai apa sih?
    Quote:
    tambahan info gan
    untuk menjadi mahasiswa STAN spes bea cukai memang harus cowo, mata normal, ada tes fisiknya juga
    tapi jangan salah, setelah lulus nanti bakal ada anak yg pake kacamata di bea cukai, bahkan cewe pun juga ada. soalnya anak akuntansi juga sebagian dialokasikan ke ditjen bea cukai
    jadi buat yg pengen masuk bea cukai tapi terkendala masalah fisik di atas, silahkN pikir2
4. pertanyaan : tes fisik BC apa aja?
mulai tahun 2011, wanita pria dan spesialis mana saja semua ikut test kesehatan. Dan tentunya penilaian dan target untuk pria dan wanita berbeda ^_^
jawab: pertama sebelum tes fisik, tes kesehatan dlu contoh ukur tinggi badan (kalo gak sesuai kriteria walaupun 1 cm gagal), lalu diukur tekanan darahnya, cek mata (minus ato lainnya kalo lbh dr min 3 gagal), lalu di tes buta warna (parsial n buta warna total gagal), lalu di cek lagi ma dokter umum yg nantinya dokter ini yg ngasih keputusan boleh ato engga ikut tes fisik.
setelah tes kesehatan selesai, selanjutnya tes fisik yang tes-nya LARI 12 menit ngiterin stadion ma lari ngebentuk angka 8 (kalo yg lari 12 menit dinilai brp banyak puteran yg bisa didapet sedangkan lari ngebentuk angka 8 dinilai kecepatannya) -> pengalaman pribadi, sama tinggi badan minimal 165 cm kalo ga salah (cmiiw)

5.pertanyaan: kalo GAGAL tes fisik BC bisa dialihin ke spesialisasi lain gak?
jawab: bisa IYA bisa ENGGA. yang udah prnh bilang ma agan2 yg lain di thread ini penilaian STAN itu masih misteri. ane sih termasuk yang IYA. ane ceritain kisah temen ane nh. ada dua orang temen ane. keduanya milih BC pas pendaftaran STAN.
Kalo pas angkatan 2010 kmaren gini pengumuman dan pelaksanaan tes fisik BC sekitar tgl 20-an juli dan pengumuman final tgl 3 agustus.
yg org pertama (gak terlalu kenal jg sh) dia dinyatain lolos dan berhak ikut tes fisik BC, anaknya kalo g salah anak paskib gitu fisik'a kuatlah kira2.
yg orang kedua dia milih BC tp gak lolos bwt ikut tes fisik BC.
dan apa yg terjadi? pas pengumuman final orang kedua lah yang lolos, dia lolos di perpajakan.
jadi gak menjamin kalo dah lolos bwt ikut tes fisik BC bisa lolos di pengumuman final, dan yg milih BC trus gak lolos tes fisiknya jg jgn kecewa dlu sapa tau masih bisa lolos. harapan itu masih ada
tpi kebanyakan yg dah lolos tes fisik bea cukai biasanya dah kterima di STAN dan sebaliknya yg gak msuk list tes fisik BC biasanya gak kterima juga di pilihan dia pas daftar. cemangattttt yach

6.pertanyaan: mungkin gak sih lolos ke spes yg gak kita pilih pas pendaftran?
jawab: BISA!! ada temen ane, dia gak milih akuntansi pas daftar eh malah pas pengumuman final malah dapet akuntansi
alesannya mungkin karena kuota yg tersedia banyak, nilai'a mencukupi ato mungkin TPA dia menunjukkan potensi ke akuntansi (kata dosen ane selain tinggi2an nilai jg diliat potensi berdasarkan TPA, mungkin itu alesan USM STAN soal'a ada TPA.
semoga jawaban ane bisa membantu .

7. bedanya DI ama DIII Bea Cukai apa sih?
DI itu kuliahnya setahun..
DIII itu kuliahnya 3 tahun
DI itu ntar kuliahnya bisa di Kantor Pelatihan Bea Cukai di beberapa kota besar di Indonesia (cmiiw) .
DIII kuliahnya di Rawamangun , Jakarta
terus ntar penempatan kerjanya beda lagi..
kalo DI itu biasanya di perbatasan, DII itu di pelabuhan / bandara kota besar.. cmiiw

8. Gan ane nemu dimanapun ada yang nyediain jasa lolos USM STAN, itu beneran gak yah?
kalo begituan jangan dipercaya gan . Lebih baik agan jujur dan usaha lalu akhirnya sekolah gratis di STAN , daripada agan ga jujur pake usaha 'belakang' dan akhirnya kena penipuan dan satu lagi STAN TIDAK MENERIMA CALON MAHASISWA DARI JALUR ILEGAL (NYOGOK, JOKI, DSB)


3 komentar:

Syahdila Isnadi mengatakan...

gan, ane buta warna parsial :(,
masih ada kesempatan untuk masuk Stan yg di perpajakan atau akutansinya ?

mohon pencerahannya ya gan,
thx

setia eka winasis mengatakan...

Gan, ane udah lulus final d1 beacukai..
tapi mata ane minus 0,5
nanti bikin masalah ga di kelanjutannya??

Anonim mengatakan...

eehhh ehhh ehhh, apa itu maksudnya d1 bea cukai diperbatasan dan dIII dikota besar? ehh ehh ehhh

Poskan Komentar

◄ Newer Post Older Post ►