Sekilas Tentang Test Tahap 1 Usm Stan ( Tes Akademik )

tes tulis USM STAN merupakan tahapan terberat dalam USM STAN. so persiapanmu kudu mumpuni agar dapat melewatinya.
Tes Tulis USM STAN terdiri dari 2 bagian:
1. Tes Potensi Akademik (TPA) 120 soal
2. Tes Bahasa Inggris (TBI) 60 soal

Jadi ga ada ya yang namamya tes akuntansi atau tes ekonomi, semua background baik SMA IPA, IPS, Bahasa, STM, SMK mempunyai peluang yang SAMA, kembali tergantung ke diri masing-masing

Sebelum 2011, dua bagian tersebut dikerjakan dalam sekali waktu, yaitu 150 menit, namun pada tahun 2011 kemarin dua bagian tersebut dikerjakan secara terpisah, yaitu 100 menit untuk TPA dan 50 menit untuk bahasa inggris.

Tes Potensi Akademik
Tes Potensi Akademik (TPA) ini pada dasarnya digunakan untuk mengukurkecerdasankamu, kayak tes IQ gitu lah. Bukan mengukur potensi, kalo mengukur potensi dan akhirnya tidak berpotensi, namanya impotensi donk #eh

TPA terdiri dari 120 soal dengan waktu pengerjaan 100 menit
Soal2 TPA terdiri dari:
1. Kemampuan Verbal
2. Kemampuan Kuantitatif
3. Kemampuan Logika

PENJELASAN
KEMAMPUAN VERBAL
kemampuan verbal merupakan kemampuan dalam hal bahasa, meliputi perbendaharaan kata serta penguasaan bahasa
a. sinonim (5 soal*)
b. antonim (5 soal*)
c. kosa kata (6 soal*)
d. analogi (9 soal*)
NOTE: banyak banyaklah membaca untuk empat kategori soal diatas, agar perbendaharaan kosa kata bertambah. Jangan males untuk mencari arti dari sebuah kata yang belum diketahui. Untuk soal analogi, cari hubungan paling khusus antara 2 kata di soal. Kemudian cari di jawaban. INGAT bobot tiap soal sama, soal jenis ini dapat dikerjakan cuma dalam beberapa detik, sayang banget kalo banyak yang ga bisa.
e. bacaan (10 soal*)
NOTE: banyak banyaklah membaca juga, tapi dalam konteks membaca cepat. Dalam mengerjakan soal USM, sebaiknya baca soalnya dulu baru kemudian mencari jawaban di bacaan. Karena apabilakamumembacabacaannyadulu trus kemudian mengerjakansoal, makakamu cenderung akanmembaca bacaannya lagi (jadi bisa 2x baca bacaan). Ingat, 1 soal ga ada 1 menit!!

KEMAMPUAN KUANTITATIF
kemampuan kuantitatif merupakan kemampuan dalam hal menghitung. Logika disini juga berperan penting, terutama dalam soal cerita. Taun lalu terdiri dari 45 soal.
NOTE: banyak banyaklah berlatih soal2 USM tahun sebelumnya agar terbiasa dengan soal jenis ini, karena tiap tahun tipe soalnya sama. Jadiapabilakamu sudah terbiasamaka ga akan lama-lama buat mikir “gimana ya caranya?”.Berlatihlah sampai kamu benar2 ngerti dan paham maksud dan logika soalnya.

KEMAMPUAN LOGIKA
kemampuan logika ini mengukurlogikakamu, jadijawabnya jangan pake perasaan ya :p (terutama yang cewe) #eh
a. soal ceritalogika (14 soal*)
NOTE: soal jenis ini agak lama pengerjaannya dan membutuhkan kerja otak yang agak berat, jadi sebaiknya jangan dikerjakan di akhir waktu, ketika otak mulai lelah. Buat coret-coretan, gambar atau tabel untuk mempermudah memahami soal.
b. penarikan kesimpulan (10 soal*)
NOTE: soal jenis ini tampak mudah dan tidak butuh teori, namun banyak yang sering salah atau kesulitan dalam soal jenis ini. Yup, baca lagi teori pas dulu kelas 1 mengenai penarikan kesimpulan. Trus untuk membantu memahami soal, kadang diperlukan juga gambar.
c. logika barisan angka & huruf (10 soal*)
NOTE: ingat ini logika barisan, bukan barisan bilangan aritmatik atau geometri. Jadi ga perlu rumus Sn atau Un untuk mengerjakannya. (bilangan aritmatik atau geometri masuk ke bagian kemampuan kuantitatif). Banyak-banyak berlatih aja, agar mengerti variasi polanya. Kalo perlu catat pola-pola gimana aja yang sering keluar. Untuk logika barisan huruf, tinggal convert aja ke angka, misal: a=1, b=2, dst.
d. logika barisan gambar (6 soal*)
NOTE: soal jenis ini juga merupakan logika. Hampir mirip dengan soal logika angka, soal ini menanyakan gambar mana yang seharusnya menjadi kelanjutan. Secara umum soal logika gambar dibagi menjadi 2, yaitu jumlah dan gerak. Soal kategori ini tergolong paling mudah kok

Tes Bahasa Inggris
Tes Bahasa Inggris (TBI) yang diujikan dalam USM STAN merupakan tipe soal TOEFL, jadi tingkat kesulitannya sedikit diatas pelajaran SMA.
Apa itu TOEFL? TOEFL (test of English as foreign language) biasanya digunakan sebagai syarat kalo ngelamar perusahaan atau kuliah di luar negeri. Wah sulit dunk? Ga juga kok, intinya kayak pelajaran bahasa inggris pas SMA, tapi ada beberapa materi baru yang ditambahkan. Lebih baik kamubelibukuTOEFL atau ikut lesnya karena itu sangat membantu. Tapi bila basic English mu dah bagus, ga beli buku atau ikut les juga ga jadi masalah, cukup buku SMA aja.

TBI terdiri dari 60 soal dengan waktu pengerjaan 50 menit
Soal2 TBI terdiri dari:
1. Structure and Written Expressions
2. Error Recognition
3. Reading Comprehension

NOTE:dalam TBI, tidak banyak variasi teknik belajar atau pengerjaan yang digunakan. Karena Structure and Written Expressions dan Error Recognition itu dominan teori yang digunakan. Intinya belajar TOEFL gitu aja lah. Cari aja di took-toko buku terdekat, pasti ada, kalo ga ada di took buku yang terjauh. Sedangkan Reading hampir sama seperti bacaan pada TPA, yaitu baca soalnya dulu, cari kata kunci soal, baru baca bacaannya. Ingat yang kamubutuhincumajawaban, dalam artian kamu baca bacaan cuma nyari jawaban, ga perlu paham banget maksud bacaan.


EmoticonEmoticon