Profil Lengkap D1 PKN STAN Mulai Kuliah Sampai Kerja

Sewaktu tahun 2011, USM PKN STAN berbeda dengan tahun sebelumnya. Yang mana pada tahun 2011 waktu itu, USM PKN STAN hanya membuka program DI (Diploma 1), dan hanya membuka jurusan D1 Bea dan Cukai dan D1 Perpajakan. Malah waktu tahun 2012, USM PKN STAN sama sekali tidak membuka program calon mahasiswa-mahasiswi lowh ^_^

Walaupun D1 kedengarannya memang kurang bagus, atau ada juga orang yang bilang pada saya :
"memang masih ada kampus yang menyelenggarakan kuliah D1"?

Hellow ini tahun berapa bro. masih zaman apa kuliah Diploma I?
Tunggu dulu bro, tahap persepsi negatif kamu karena ini bukanlah Diploma I yang biasa. Ini juga salah satu cara untuk bisa menjadi PNS di direktorat Jendral Pajak maupun Bea dan Cukai.

Lebih kerennya lagi, tahun 2017 ini PKN STAN membuka program D4 lowh ^_^ artikel ini sudah saya Update, hampir semuanya tertanggal 8 April 2017.

D1 PKN STAN

MASA PERKULIAHAN
Untuk masa perkuliahan Diploma 1 hanya 1 tahun saja, bahkan kalau di kurangi libur mungkin hanya sekitar 8 bulanan. Jadi hanya ada 2 semester selama kalian kuliah nanti. Satu hal positif lagi, peluang kamu untuk di "Drop Out" sangatlah kecil. Bicara soal DO dari STAN, ini alasan kenapa di Drop Out (DO) dari PKN STAN.
Yang pertama : karena nilai
Yang kedua : karena tidak disiplin
Yang ketiga : karena kamu ketahuan mencontek dan di contek.

Walaupun jarang mahasiswa yang di Drop Out karena nilai, kalau menurut saya kebanyakan karena kurang disiplin. Misalnya seperti sering bolos dan ketahuan mencontek maupun di contek.
Soal biaya, mau Diploma tipe apapun semuanya GRATIS BIAYA KULIAH, bukan termasuk biaya hidup yah ^_^ dan juga SUDAH IKATAN KULIAH dan KERJA DINAS. Meskipun tempat kuliah dan dimana kamu di tempatkan kerja itu di tentukan oleh pihak PKN STAN. Terkecuali, kamu lulusan berapa besar terbaik, kamu bisa memilih mau di tempatkan di daerah mana. Jangan lupa tempat kuliahnya bukan hanya di Bintaro, Tangerang Selatan, tapi juga tersebar di beberapa kota besar se-Indonesia. Seandainya kamu mendaftar USM PKN STAN di Jakarta, bisa juga kamu di tempatkan di daerah lain loh. Saya pun tidak tahu PKN STAN menentukan penempatan kuliah berdasarkan apa, tapi kemungkin juga bisa acak sih random. Yang jelas bukan karena faktor "face" yah ^_^

SETELAH KELULUSAN KULIAH
Saat kamu sudah lulus dari diploma 1 PKN STAN, kamu akan menunggu untuk penempatan magang sekitar kurang lebih 1 tahun. Setelah selesai magang, kamu akan memasuki Prajabatan yaitu diklat pemantapan untuk menjadi CPNS, enak bukan? kuliah sudah gratis, akan jadi PNS lagi. Sehabis masa prajabatan, maka kamu akan di tempatkan dan tinggal menunggu SK penempatan PNS. Jadi sesudah kamu lulus D1 PKN STAN, kamu tidak langsung kerja tapi harus magang terlebih dahulu, lalu prajabatan, dan terakhir baru PNS dan penempatan. Enak bukan masih muda sudah jadi PNS? walaupun enak, tapi terkadang banyak yang nangis dan tidak sanggup ketika harus di tempatkan jauh dari daerah asalnya. Misalnya di pedalaman, di papua, di pulau lain, dsb.

WAJIB BEKERJA
Lulusan Diploma 1 harus wajib bekerja selama 4 tahun. Jika sebelum waktu wajib kerja kamu habis, kamu mau berhenti dan keluar dari Kemenkeu, maka akibatnya kamu harus membayar uang ganti rugi sebesar 10 juta untuk mengganti biaya selama kuliah. Tidak cuma di STAN, di kedinasan lain pun sama. Contohnya: Briptu Norman yang waktu itu keluar dari kepolisan karena merasa dirinya sudah tenar dan jadi artis, dia harus membayar uang denda ganti rugi selama dia mengenyam pendidikan. Jika kamu sudah selesai wajib kerja selama 4 tahun, kamu akan di tawarkan apakah mau meneruskan bekerja di kemenkeu atau tidak? Kalau mau meneruskan, ya kamu akan tetap menjadi pegawai. Tapi kalau tidak mau meneruskan, ya terserah kamu selanjutnya mau ngapain setelah keluar dari Kemenkeu.

PENEMPATAN KERJA
Untuk hal penempatan kerja, tidak jauh beda dengan D3 maupun D4, yaitu di seluruh pelosok Indonesia. Bisa berdasarkan kemauan, bisa juga mengacak, bisa juga dari nilai IPK. Tapi biasanya sih (tidak selalu yah) untuk IPK yang kecil ataupun dekat dengan Drop Out, biasanya akan di tempatkan di daerah pelosok antah berantah hehe, mungkin kita cek di google map belum ada. #LebaySedikit. Maksudnya, mungkin jauh dari hiruk pikuk kehidupan di kota yang serba jauh dari yang kita inginkan.

KARIER
Untuk lulusan dari D1 akan menjadi pegawai PNS golongan II A, dan untuk lulusan D3 akan menjadi pegawai PNS golongan II C. Setiap kenaikan pangkat PNS, ada beberapa tingkatannya. Mulai dari II A menjadi II B menjadi II C dan seterusnya hehehe. Kenaikan tersebut akan di adakan setiap 4 tahun sekali dan kemungkin bisa di percepat dengan kesetaraan pangkat melalui kuliah lagi. Kamu boleh kuliah lagi di luar jam kerja kamu.

BESARAN GAJI
Untuk lulusan D1 atau golongan pegawai II A dengan masa kerja masih 0 tahun kisaran 1,5jt bisa lebih. Jadi misalkan kamu ditempatkan di DJP, kamu akan mendapatkan tunjangan sebesar -+2,5jt. Total yang kamu dapatkan bisa 4jutaan loh. Sudah cukup tinggi bukan? Selisih uang "take home pay" dengan D3 hanya sekitar 800rb. Sudah sangat lumayan bukan? Masih berfikir lulusan D1 gajinya kecil?

MAU KULIAH LAGI? BISA!
1. Kamu bisa mengikuti Kuliah D3 khusus setiap tahun yang di adakan oleh PKN STAN, pesertanya khusus untuk lulusan D1 PKN STAN dan kamu juga harus mengikuti tes USM PKN STAN khusus. Jika kamu nantinya di terima, maka kamu akan mengikuti kuliah dan masih berstatus sebagai PNS tapi tidak bekerja selama kamu kuliah lagi. Kamu pun tetap akan mendapatkan gaji pokok, walaupun kamu tidak mendapatkan tunjangan. Tempat kuliahnya pun di kampus Bintaro PKN STAN, setelah kamu lulus dari D3 khusus, golongan kamu langsung naik menjadi II C yang sebelumnya II A.

2. Jika kamu mau melanjutkan kuliah di kampus biasa juga boleh kok, dan banyak juga alumni PKN STAN yang mengambil jalur ini. Tetap ada aturan tersendiri jika kamu kuliah lagi, kamu harus ikut ujian untuk penyetaraan pangkat. Bila kamu lulus, kamu akan langsung naik golongan pangkat.

BICARA KELEBIHAN & KEKURANGAN
Kelebihannya :
1. Lebih cepat lulus, sangat cocok untuk seseorang yang mungkin punya kebutuhan mendesak. Seperti: masih punya tanggungan adik, orang tua sudah tidak ada, orang tua sudah tidak mampu membiayai adik, kebelet nikah dan alasan lainnya.
2. Peluang Drop Out dari PKN STAN sangat kecil, karena kuliah hanya 2 semester saja.
3. Dengan umur yang masih muda, sudah bisa jadi PNS.
4. Beda gaji lulusan D1 dengan D3 tidak terlalu jauh kok untuk fresh graduated.

Kekurangannya :
1. Golongan pangkat kamu rendah.
2. Kurang bergengsi saja.
3. Gajinya beda, karena beda golongan PNS.

15 komentar

kalo udah lulus D1katanya harus NUNGGU itu maksutnya gimana bang? #butunh penjelasa

sekarang udah ga ada kesetaraan pangkat, jadi naiknya cuman tiap 4 tahun

Pajak menungggu magang(OJT)
Masih bingung kalau misal mau lanjut s1 ptn langsung bisa atau harus d3 dulu?
Soalnya saya denger2 tetep harus d3 dulu,

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

Beda jauh lah tunjangan grade 4 sama grade 6

Kenapa kalo udah lulus d1 harus magang satu tahun ?

Halo kak
Mau tanya nih pas magang setahun dapet gaji atau uang tunjangan nggak? kalo iya kira-kira berapa? hehe. makasiih

Izin jawab TS
@Rasid Rangkuti knp harus magang dulu? Karena butuh penyesuaian dari yang namanya kuliah menuju dunia pekerjaan. Terus angkatan gw magang ga sampe 1 taun kok.

Izin jawab lagi TS
@Shafrhft Dapet tapi sifatnya kyk menabung gitu. Cuman ada yg namanya uang tunggu yg besarannya kalo untuk D1 798k, kalo D3 848k . Terus kemana gaji+tunjangannya? Nanti setelah diangkat menjadi PNS baru akan ada tuh kumpulan duit yg ditabung tadi .

kak kalo di D3 KBN yg bekerja di lingkup dirjen anggaran gaji+tunjungan nya brp yah ?

Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL

3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. Pas foto (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 1.500.000
• SMA = Rp. 2.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000

Kak, kalo cewek bisa daftar beacukai ga?

Artikelnya sangat membantu. Terima kasih.


EmoticonEmoticon