Tips Trik Ampuh Mengerjakan Soal TPA Menjadi Lebih Mudah

Tes Potensi Akademik atau lebih kita kenal dengan TPA, merupakan tes yang dianggap oleh sebagian orang itu sulit, susah, ribet, dll. Padahal sebenarnya, ada banyak cara cepat mengerjakan soal TPA, maupun tips trik mengerjakan soal TPA dengan cepat. Nah disini saya mau memberikan beberapa tips trik mengerjakan soal TPA yang bisa membantu kamu lebih mudah untuk menjalani Tes Potensi Akademik, berikut saya ulas :

Tips trik mengerjakan soal TPA

PERBANYAK LATIHAN
Tips trik pertama yaitu perbanyaklah latihan, seperti pepatah luar bilang "practice makes perfect". Jadi dengan kamu sering berlatih, maka kemampuan kamu akan lebih baik lagi dan mendekati sempurna. Nah buat kamu yang ingin mengikuti tes TPA ini, saya sarankan kamu sudah belajar dan berlatih satu bulan sebelum tes TPA. Sering-seringlah kamu berlatih tipe-tipe soal TPA agar kamu bisa tahu banyak jenis model pola pada soal dan bagaimana cara mengerjakannya. Makin sering belajar, makin mahir juga kamu dalam mengerjakan soal TPA. Hal ini sangat penting karena kamu akan terbiasa untuk mengerjakan lebih cepat untuk menyelesaikan soal TPA. Biasakanlah untuk mengerjakan soal-soal TPA sesuai dengan waktu tes aslinya, jadi kamu harus memakai timer atau alarm tanda waktu kamu mengerjakan telah selesai. Kalau kamu tidak memakai waktu yang sesuai, kamu akan mengerjakannya dengan santai dan mungkin memakan waktu yang lama. Yang saya takutkan, nanti ketika kamu mengerjakan tes TPA yang sebenarnya, kamu akan merasa kesulitan dalam mengatur waktu tes TPA. Jika kamu sering berlatih, maka kemampuan kamu dalam menganalisa soal akan terus meningkat.

PAKAILAH LOGIKAMU
Di dalam soal TPA, angka yang di berikan, pada umumnya bisa kamu kerjakan tanpa kamu harus menggunakan rumus matematika yang cukup sulit ataupun butuh hafalan ekstra. Jadi pada saat kamu akan menghadapi tes TPA, kamu tidak perlu menghafal macam-macam rumus matematika yang sulit.
Kenapa?
Karena hal tersebut justru hanya akan membebani pikiran kamu, biasanya juga yang di keluarkan soal-soal matematika SD, SMP, dan untuk materi SMA kalaupun ada, mungkin porsinya hanya sedikit. Belajarlah untuk berpikir menggunakan logika yang terstruktur. Melalui banyak latihan soal TPA, maka pemikiran logika kamu akan naik dengan sendirinya dan lebih terstruktur lagi, sehingga akan memudahkan kamu untuk mengerjakan soal TPA yang sejenisnya dengan cepat, dan tepat.

JANGAN TEGANG, RILEKS AJA!
Saat kamu akan mengerjakan ujian soal TPA, cobalah untuk mengkondisikan diri kamu dalam keadaan  konsentrasi sepenuhnya. Walaupun kamu sedang dalam konsentrasi, tapi kamu juga harus tetap rileks yah. Jangan sampai kamu menjadi panik dan tegang, imbasnya nanti pada energi dan pikiran otak kamu cepat stress. Nah jika kamu panik, maka akibatnya kamu akan mengerjakan soal TPA tersebut secara tergesa-gesa dan ceroboh dalam menjawabnya. Sehingga kamu akan mudah untuk terkecoh dengan jawaban yang kadang terlihat sekilas benar, padahal banyak tipe soal TPA yang menjebak dan jawabannya hampir di sama-samain gitu ^_^

BUANG JAUH RASA PENASARAN KAMU
 Jangan pernah kamu penasaran untuk mencoba mencari jawaban yang sudah kamu otak-atik ternyata belum mendapatkan jawabannya. Kamu harus melewatkan soal itu, dan lanjut ke soal lain karena RASA PENASARAN akan sangat berbahaya untuk meraih nilai tinggi dan lulus dalam tes TPA. Kamu tidak mau kan jika kamu tidak bisa menyelesaikan soal lain yang ternyata mudah, tapi belum kamu sentuh sama sekali? karena waktu kamu habis untuk mengotak-atik satu soal yang membuatmu penasaran.
Rasa penasaran seperti ini, biasanya muncul saat kamu menghadapi soal-soal angka (numerik). Ingat ya, rasa penasaran kamu hanya akan membuat waktumu habis terkuras. Parahnya lagi, setelah kamu otak-atik ternyata kamu belum dapat jawabannya lagi, dan lagi!!! JANGAN PERNAH MELAKUKAN HAL INI.
Alasannya apa?
Karena nilai dari setiap soal itu sama, tidak ada bobot yang beda. Jadi kamu harus menggunakan waktu dengan sebaik-baiknya. Maka dari itu saya sarankan untuk berlatih dan memakai timer. Setelah selesai latihan, lalu kamu cek jawaban benar dan salahmu. Catat setiap nilai latihan yang kamu kerjakan, maka kamu akan melihat grafik peningkatan nilai TPA kamu ^_^

GOOD LUCK Yah,
kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan komentar dibawah ini yah.

Terima Kasih ^_^


EmoticonEmoticon