Pertanyaan Yang Sering Ditanyakan Tentang USM PKN STAN

Q: Kapan dibuka pendaftaran USM PKN STAN ?
A: Pendaftaran USM PKN STAN bisa kamu akses melalui situs panselnas.id dan pmb.pknstan.ac.id

Q: Program diploma apa saja dibuka?
A: Program yang dibuka adalah D1 Pajak dan Bea Cukai

Q: Apakah tahun ini ada program D3?
A: Tidak ada Progam D3 untuk tahun ini.

Q: Kenapa tahun ini tidak dibuka program D3?
A: STAN berbeda dengan universitas lain. STAN belum tentu setiap tahun kontinyu membuka pendaftaran. Penerimaan STAN disesuaikan dengan kebutuhan dan formasi yang tersedia.

Q: Bagaimana Tahapan Pendaftaran USM STAN?
A: Sistem Pendaftaran Online http://usm.stan.ac.id), setelah mengisi form, print out bukti pendaftaran dicetak dan semua berkas pendaftaran dikirimkan via pos kilat khusus ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN 2011/2012 PO BOX STAN JKS 12000. Pembayaran dilakukan setelah berkas diverifikasi oleh panitia. Setelah verifikasi peserta mengambil print out BPU sesuai jadwal yang ditetapkan.

Q: Syarat-syarat Pendaftaran USM STAN?
A: Berijazah SMA/sederajat, Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7.00, Nilai bahasa Inggris pada ijazah minimal 7.00 (tahun 2011), nilai ujian tertulis bahasa inggris minimal 7.00 (tahun 2010 dan sebelumnya). umur tidak kurang dari 17 tahun per 30 september 2011 dan tidak lebih dari 20 tahun per 1 september 2011. Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas narkoba Bersedia tidak menikah selama pendidikan

Q: Apakah lulusan SMK semua jurusan boleh mendaftar?
A: Lulusan smk semua lulusan boleh mendaftar

Q: Bagaimana yang dimaksud dengan Nilai Rata-rata Ijazah?
A: Gabungan semua nilai di ijazah dibagi jumlah mata pelajaran

Q: Apakah STAN Ikatan Dinas?
A: STAN adalah PTK dan Lulusan STAN setelah lulus pendidikan diangkat menjadi CPNS.

Q: Jika DO dari pendidikan, Apakah tetap diangkat jadi CPNS?
A: Yang dikeluarkan dari pendidikan tidak akan diangkat jadi CPNS

Q: Apakah USM STAN menerima pembayaran tunai?
A: Tidak. Pembayaran melalui setor bank, setoran harus atas nama peserta. Tidak menerima transfer melalui ATM, SMS Banking dan Internet Banking. Panitia tidak menerima bukti pembayaran kolektif.

Q: Transfer keNo Rekening berapa dan atas nama siapa?
A: Mandiri 128 000 554 888 5 Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN

Q: Jika telah melakukan penyetoran sebelum periode penyetoran ke bank, bolehkah bukti transfer tersebut digunakan untuk pengambilan BPU?
A: Boleh, dengan catatan harus bukti setornya ada.

Q: Tes apa saja selama USM STAN?
A: TPA dan Bahasa Inggris, Tes Kesehatan dan Kebugaran, dan Assessmet

Q: Apa itu assessment?
A: suatu pendekatan sistematis untuk mendapatkan informasi tentang individu. Informasi ini digunakan untuk membuat keputusan terkait dengan karier peserta. Assessment dapat berupa tes tertulis dan/atau wawancara.

Q: Apa saja syarat untuk mendaftar Prodip Bea Cukai?
A: Laki-laki, tinggi lebih dari 165cm, tidak buta warna, dan minus kurang dari 3,00.

Q: Bolehkah mata minus lebih dari 3,0 mendaftar USM STAN? A: Minus lebih dari 3,0 diperkenankan mendaftar tapi tidak boleh memilih prodip Bea Cukai Q:Bolehkah perempuan memilih jurusan bea cukai A: Tidak boleh.

Q: Apakah harus memilih semua pilihan jurusan pada saat mendaftar? A: Iya. Jumlah pilihan ada 2. Jika perempuan maka cuma ada 1 pilihan.

Q: bolehkah seseorang yang cacat fisik mendaftar?
A: boleh, dengan catatan cacat tidak menghalangi dalam mengikuti tes usm stan.

Q: bolehkan berijazah luar negeri mendaftar usm stan?
A: Dapat mendaftar jika ijazahnya telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan.

Q: bolehkah berijazah pesantren mendaftar usm stan?
A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat.

Q: bolehkah berijazah paket C mendaftar usm stan?
A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat

Q: Batas Umur mendaftar usm stan?
A: Boleh mendaftar jika umur di atas 17 tahun per 30 september 2011 (artinya lahir sebelum 30 september 1994) dan umur di bawah 20 tahun per 1 september 2011 (artinya yang lahir sebelum 1 september 1991 tidak diperkenankan mendaftar)

Q: bagaimana jika tanggal lahir di ijazah tidak sama dengan tanggal lahir yang tercantum di tkamupengenal? Padahal yang benar adalah di tkamupengenal?
A: tanggal lahir yang digunakan untuk mendaftar usm stan adalah yang tercantum di ijazah, jika berbeda maka harus menyertakan RALAT ijazah dengan mencantumkan tanggal lahir sebenarnya.

Q: Jadwal kegiatan usm stan 2011?
A: Pendaftaran Pendaftaran: 8-17 Juli 2011 Pengiriman berkas: 8-18 Juli 2011 Penyetoran ke Bank: 29 Juli 2011 - 5 Agustus 2011 Pengambilan BPU: tercantum pada hasil verifikasi berkas Ujian: TPA & TBI : 21 Agustus 2011 Kesehatan & Kebugaran : 3 -8 Oktober 2011 Assessment: 24-30 Oktober 2011 Pengumuman Hasil Ujian: TPA & TBI : 29 September 2011 Kesehatan & Kebugaran: 17 Oktober 2011 Assessment: 17 Nopember 2011

Q: bagaimana cara menghubungi Panitia Pusat USM STAN?
A: Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan 15222. Cq: sekretariat panitia usm stan Telepon: (021) 35999960-63 Email/Gtalk: usm at stan.ac.id Twitter: @usmstan Facebook: http://www.facebook.com/usm.stan.ac.id

Q: Bolehkah surat menyurat selama usm stan?
A: Tidak boleh

Q: Berapa kota penyelenggaran USM STAN se Indonesia?
A: 26 kota

Q: Apakah STAN membuka kelas bayar (STAN Swasta)?
A: STAN tidak membuka kelas berbayar

Q: Bolehkah mengirim berkas selain dengan POS?
A: Tidak boleh. Harus melalui POS

Q: Jika alamat dekat dengan STAN, bolehkah berkas diantar sendiri?
A: Tidak boleh. Harus melalui POS

Q: Berapakah kuota calon mahasiswa/i yang akan diterima pada tahun ini?
A: Tidak diketahui pastinya, karena setiap tahun berbeda dan kamu bisa melihat total calon mahasiswa-mahasiswi yang diterima pada pengumuman terakhir USM PKN STAN.
-
Q: Apa kuota di setiap daerah berbeda atau sama?
A: Tidak, karena kuota penerimaan berdasarkan ranking se Indonesia.

Q: Warna background pas foto saya harus bagaimana?
A: Background foto kamu boleh berwarna merah atau biru.

Q: Bagaimana saya tahu kalau berkas saya sudah diverifikasi oleh panitia?
A: Berkas yang sudah diverifikasi akan diumumkan di situs resmi pknstan.

Q: Jika dokumen yang saya kirimkan lewat pos masih ada yang kurang atau tidak lengkap, apakah bisa diproses?
A: Tidak bisa, segeralah kamu mengirimkan lagi berkas dengan lengkap sebelum pendaftaran terakhir.

Q: Tes Kesehatan dan Kebugaran meliputi apa saja?
A: Akan dilakukan pemeriksaan untuk kesehatan dan tes atletik untuk kebugaran (berupa lari).

Q: Jika pada saat Tes Kesehatan dan Kebugaran, ternyata saya sedang sakit atau baru saja menjalani operasi. Apakah saya boleh tidak ikut?
A: Jika kamu tidak mengikuti tes kesehatan dan kebugaran, maka kamu akan dianggap gugur.

Q: Sewaktu saya mau mengambil BPU, apa yang harus saya bawa?
A: Hasil print form, bukti asli pembayaran setor tunai, membawa pas foto 3 lembar dengan ukuran 3x4, identitas diri yang asli seperti KTP, SIM, Kartu Pelajar, dan Ijazah (salah satu saja).

Q: Jika saya tidak jadi mendaftar, apa saya boleh untuk meminta kembali uang yang sudah transfer?
A: Jika kamu sudah mentransfer uang pendaftaran, maka kamu tidak bisa meminta kembali uang tersebut dengan alasan apapun.

Q: Jika saya pernah mengalami patah kaki atau patah tulang, apakah saya boleh untuk memilih jurusan Bea dan Cukai?
A: Boleh aja kok.

Q: Jika saya berhalangan pada tanggal yang ditetapkan untuk pengambilan BPU, bolehkah saya mengambil di hari lain?
A: Jika kamu mengambil BPU di luar hari yang sudah ditetapkan, maka kamu tidak kan di layani oleh panitia dan akan dianggap gugur.

Q: Sewaktu saya datang untuk mengambil BPU, ternyata berkas yang saya bawa tidak lengkap. Apakah saya bisa mengambil BPU? Bagaimana proses yang harus saya lakukan?
A: Jika berkas kamu kurang / tidak lengkap, maka kamu HARUS melengkapi berkas tersebut di hari itu juga. Jika tidak, maka kamu akan dinyatakan gugur oleh panitia.

Q: Misalnya di waktu hari H saya berada di kota X, padahal seharusnya lokasi tes tertulis (tahap 1) saya berada di kota X. Apakah saya boleh jika mengikuti tes di kota Y? Jika boleh, bagaimana prosedur yang harus saya lakukan?
A: Tidak boleh, karena lokasi tes harus sesuai dengan BPU.

Q: Dimanakah lokasi pendidikan PKN STAN?
A: Lokasi pendidikan mahasiswa-mahasiwi bisa di Kampus PKN STAN Bintaro dan di Balai Diklat Keuangan (BDK) yang terdapat di beberapa daerah. Lokasi pendidikan akan ditetapkan saat pengumuman hasil akhir / kelulusan Tes USM PKN STAN.

2 komentar

apakah kita harus membayar uang negara ketika kita di Drop Out dari STAN !

ASSALAMUALAIKUM SAYA INGIN BERBAGI CARA SUKSES SAYA NGURUS IJAZAH saya atas nama bambang asal dari jawa timur sedikit saya ingin berbagi cerita masalah pengurusan ijazah saya yang kemarin hilang mulai dari ijazah SD sampai SMA, tapi alhamdulillah untung saja ada salah satu keluarga saya yang bekerja di salah satu dinas kabupaten di wilayah jawa timur dia memberikan petunjuk cara mengurus ijazah saya yang hilang, dia memberikan no hp BPK DR SUTANTO S.H, M.A beliau selaku kepala biro umum di kantor kemendikbud pusat jakarta nomor hp beliau 0853-2174-0123, alhamdulillah beliau betul betul bisa ngurusin masalah ijazah saya, alhamdulillah setelah saya tlp beliau di nomor hp 0853-2174-0123, saya di beri petunjuk untuk mempersiap'kan berkas yang di butuh'kan sama beliau dan hari itu juga saya langsun email berkas'nya dan saya juga langsun selesai'kan ADM'nya 50% dan sisa'nya langsun saya selesai'kan juga setelah ijazah saya sudah ke terima, alhamdulillah proses'nya sangat cepat hanya dalam 1 minggu berkas ijazah saya sudah ke terima.....alhamdulillah terima kasih kpd bpk DR SUTANTO S.H,M.A berkat bantuan bpk lamaran kerja saya sudah di terima, bagi saudara/i yang lagi bermasalah malah ijazah silah'kan hub beliau semoga beliau bisa bantu, dan ternyata juga beliau bisa bantu dengan menu di bawah ini wassalam.....

1. Beliau bisa membantu anda yang kesulitan :
– Ingin kuliah tapi gak ada waktu karena terbentur jam kerja
– Ijazah hilang, rusak, dicuri, kebakaran dan kecelakaan faktor lain, dll.
– Drop out takut dimarahin ortu
– IPK jelek, ingin dibagusin
– Biaya kuliah tinggi tapi ingin cepat kerja
– Ijazah ditahan perusahaan tetapi ingin pindah ke perusahaan lain
– Dll.
2. PRODUK KAMI
Semua ijazah DIPLOMA (D1,D2,D3) S/D
SARJANA (S1, S2)..
Hampir semua perguruan tinggi kami punya
data basenya.
UNIVERSITAS TARUMA NEGARA UNIVERSITAS MERCUBUANA
UNIVERSITAS GAJAH MADA UNIVERSITAS ATMA JAYA
UNIVERSITAS PANCASILA UNIVERSITAS MOETOPO
UNIVERSITAS TERBUKA UNIVERSITAS ISLAM INDONESIA
UNIVERSITAS TRISAKTI UNIVERSITAS KRISTEN INDONESIA
UNIVERSITAS BUDI LIHUR ASMI
UNIVERSITAS ILMUKOMPUTER UNIVERSITAS DIPONOGORO
AKADEMI BAHASA ASING BINA SARANA INFORMATIKA
UPN VETERAN AKADEMI PARIWISATA INDONESIA
INSTITUT TEKHNOLOGI SERPONG STIE YPKP
STIE SUKABUMI YAI
ISTN STIE PERBANAS
LIA / TOEFEL STIMIK SWADHARMA
STIMIK UKRIDA
UNIVERSITAS NASIONAL UNIVERSITAS JAKARTA
UNIVERSITAS BUNG KARNO UNIVERSITAS PADJAJARAN
UNIVERSITAS BOROBUDUR UNIVERSITAS INDONESIA
UNIVERSITAS MUHAMMADYAH UNIVERSITAS BATAM
UNIVERSITAS SAHID DLL

3. DATA YANG DI BUTUHKAN
Persyaratan untuk ijazah :
1. Nama
2. Tempat & tgl lahir
3. Pas foto (bebas, rapi, dan usahakan berjas),semua data discan dan di email ke alamat email bpk sutantokemendikbud@gmail.com
4. IPK yang di inginkan
5. universitas yang di inginkan
6. Jurusan yang di inginkan
7. Tahun kelulusan yang di inginkan
8. Nama dan alamat lengkap, serta no. telphone untuk pengiriman dokumen
9. Di kirim ke alamat email: sutantokemendikbud@gmail.com berkas akan di tindak lanjuti akan setelah pembayaran 50% masuk
10. Pembayaran lewat Transfer ke Rekening MANDIRI, BNI, BRI,
11. PENGIRIMAN Dokumen Via JNE
4. Biaya – Biaya
• SD = Rp. 1.500.000
• SMP = Rp. 1.500.000
• SMA = Rp. 2.000.000
• D3 = 6.000.000
• S1 = 7.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S2 = 12.000.000(TERGANTUN UNIVERSITAS)
• S3 / Doktoral Rp. 24.000.000
(kampus terkenal – wajib ikut kuliah beberapa bulan)
• D3 Kebidanan / keperawatan Rp. 8.500.000
(minimal sudah pernah kuliah di jurusan tersebut hingga semester 4)
• Pindah jurusan/profesi dari Bidan/Perawat ke Dokter. Rp. 32.000.000


EmoticonEmoticon