Mengapa harus belajar untuk USM STAN ?


Kawan,
ada beberapa diantara kita yang masih pesimis akan keberadaan USM STAN 2013.

berdoa untuk usm pkn stan

Dengan USM STAN 2011 yang diadakan di luar kebiasaan
Dengan adanya isu moratorium PNS (pemerintah tidak mengadakan penerimaan PNS) per 1 September 2011 - 31 Desember 2012

Apalagi dengan isu kiamat di tahun itu :D
Untuk apa mempersiapkan diri untuk USM STAN 2013.

Kawan,
Sebenarnya apa keuntungan bagi kita jika kita mempersiapkan diri untuk USM STAN 2013,
walaupun masih belum jelas keberadaannya.

Kawan
Mari kita perhatikan beberapa hal ini
  • USM STAN terdapat tes Bahasa Inggris
UN juga ada ujian Bahasa Inggris, jadi lumayan untung

Jika kita perhatikan hampir semua tes untuk penerimaan mahasiswa baru, ada tes Bahasa Inggris
Jadi tidak ada ruginya belajar Bahasa Inggris
Justru untung, karena tingkat kesulitan tes Bahasa Inggris USM STAN lumayan tinggi
  • USM STAN terdapat TPA
Tes Potensi Akademik ada di SNMPTN, Simak UI, UM UGM dan lain-lain
Jadi kita tetap untung dengan mempersiapkan diri untuk USM STAN 2013

Kawan
Kita tetap untung, jika kita mempersiapkan diri untuk USM STAN 2013
karena semua materi tes di USM STAN, ada juga untuk tes-tes yang lain
Lumayan lah, seperti kata pepatah "sekali dayung dua tiga pulai terlampau"

Catatan.Bagi peserta USM STAN 2013, tetep bersemangat
Dan ingat untuk berolah raga, persiapan tes selanjutnya.
Seputar Test USM STAN dan Perbedaan D1 dengan D3

Seputar Test USM STAN dan Perbedaan D1 dengan D3

Bedanya STAN sama Kampus yang lain apa yah?

1. Sistem Drop Out (DO)  yang bisa dibilang cukup "tega"
2. Selama kamu menjalani pendidikan, mahasiswa tidak akan dipungut biaya pendidikan, tapi disana tidak disediakan asrama.
3. Saat kuliah, kamu harus memakai kemeja warna polos dan boleh berwarna selain putih.
4. Semua lulusan akan langsung ditempatkan sebagai CPNS ataupun PNS di Departemen Keuangan
5. Programnya yang ada Diploma ( D1, D2, D3, dan D4).
  1. Soalnya USM PKN STAN itu meliputi apa aja yah?
    naskah soal USM PKN STAN terdiri dari 2 (dua) bagian soal meliputi Tes Potensi Akademik (TPA) sebanyak 120 soal serta Tes Bahasa Inggris (TBI) sebanyak 60 soal. Dengan demikian berarti setiap peserta diharapkan bisa menyelesaikan 180 soal hanya dengan waktu 150 menit (2,5 jam).
    oh iyah satu lagi, mulai 2013 sekarang setelah lulus tahap ini maka akan mengikuti tes kesehatan dan wawancara.
  2. Susah gak sih Tes USM PKN STANnya?
    Kalau untuk jenis soal TPA dan TBI nya sih tidak begitu sulit . Tapi buat dapet nilai tertinggi dan lolos ditahap pertama itu baru sulit.
    Secara hampir setiap tahun yang diterima STAN hanya sekitar kurang dari 5% dari jumlah seluruh pendaftarnya se Indonesia.
  3. Syarat khusus untuk Bea Cukai apa yah?
    untuk menjadi mahasiswa STAN spes bea cukai memang harus cowo, tapi kadang juga dibuka untuk cewek loh dan mata kamu harus normal. Kamu jangan salah, nanti setelah lulus bakalan ada anak yang pakai kacamata di bea cukai, bahkan cewek pun juga ada. soalnya anak beberapa anak akuntansi juga sebagian dialokasikan ke direktorat jendral bea cukai.
    jadi buat kamu yang ingin masuk bea cukai tapi terkendala dengan masalah fisik di atas, silahkan kamu pikir dua kali yah.
4. pertanyaan : tes fisik Bea dan Cukai itu meliputi apa aja?
mulai tahun 2011, wanita pria dan spesialis mana saja semua ikut test kesehatan. Dan tentunya penilaian dan target untuk pria dan wanita berbeda ^_^
jawab: pertama sebelum tes fisik, tes kesehatan dlu contoh ukur tinggi badan (kalo gak sesuai kriteria walaupun 1 cm gagal), lalu diukur tekanan darahnya, cek mata (minus ato lainnya kalo lbh dr min 3 gagal), lalu di tes buta warna (parsial n buta warna total gagal), lalu di cek lagi ma dokter umum yg nantinya dokter ini yg ngasih keputusan boleh ato engga ikut tes fisik.
setelah tes kesehatan selesai, selanjutnya tes fisik yang tes-nya LARI 12 menit ngiterin stadion ma lari ngebentuk angka 8 (kalo yg lari 12 menit dinilai brp banyak puteran yg bisa didapet sedangkan lari ngebentuk angka 8 dinilai kecepatannya) -> pengalaman pribadi, sama tinggi badan minimal 165 cm kalo ga salah (cmiiw)

5.pertanyaan: kalo GAGAL tes fisik BC bisa dialihin ke spesialisasi lain gak?
jawab: bisa IYA bisa ENGGA. yang udah prnh bilang ma agan2 yg lain di thread ini penilaian STAN itu masih misteri. ane sih termasuk yang IYA. ane ceritain kisah temen ane nh. ada dua orang temen ane. keduanya milih BC pas pendaftaran STAN.
Kalo pas angkatan 2010 kmaren gini pengumuman dan pelaksanaan tes fisik BC sekitar tgl 20-an juli dan pengumuman final tgl 3 agustus.
yg org pertama (gak terlalu kenal jg sh) dia dinyatain lolos dan berhak ikut tes fisik BC, anaknya kalo g salah anak paskib gitu fisik'a kuatlah kira2.
yg orang kedua dia milih BC tp gak lolos bwt ikut tes fisik BC.
dan apa yg terjadi? pas pengumuman final orang kedua lah yang lolos, dia lolos di perpajakan.
jadi gak menjamin kalo dah lolos bwt ikut tes fisik BC bisa lolos di pengumuman final, dan yg milih BC trus gak lolos tes fisiknya jg jgn kecewa dlu sapa tau masih bisa lolos. harapan itu masih ada
tpi kebanyakan yg dah lolos tes fisik bea cukai biasanya dah kterima di STAN dan sebaliknya yg gak msuk list tes fisik BC biasanya gak kterima juga di pilihan dia pas daftar. cemangattttt yach

6.pertanyaan: mungkin gak sih lolos ke spes yg gak kita pilih pas pendaftran?
jawab: BISA!! ada temen ane, dia gak milih akuntansi pas daftar eh malah pas pengumuman final malah dapet akuntansi
alesannya mungkin karena kuota yg tersedia banyak, nilai'a mencukupi ato mungkin TPA dia menunjukkan potensi ke akuntansi (kata dosen ane selain tinggi2an nilai jg diliat potensi berdasarkan TPA, mungkin itu alesan USM STAN soal'a ada TPA.
semoga jawaban ane bisa membantu .

7. bedanya DI ama DIII Bea Cukai apa sih?
DI itu kuliahnya setahun..
DIII itu kuliahnya 3 tahun
DI itu ntar kuliahnya bisa di Kantor Pelatihan Bea Cukai di beberapa kota besar di Indonesia (cmiiw) .
DIII kuliahnya di Rawamangun , Jakarta
terus ntar penempatan kerjanya beda lagi..
kalo DI itu biasanya di perbatasan, DII itu di pelabuhan / bandara kota besar.. cmiiw

8. Gan ane nemu dimanapun ada yang nyediain jasa lolos USM STAN, itu beneran gak yah?
kalo begituan jangan dipercaya gan . Lebih baik agan jujur dan usaha lalu akhirnya sekolah gratis di STAN , daripada agan ga jujur pake usaha 'belakang' dan akhirnya kena penipuan dan satu lagi STAN TIDAK MENERIMA CALON MAHASISWA DARI JALUR ILEGAL (NYOGOK, JOKI, DSB)


STRATEGI PENGERJAAN USM STAN TPA & TBI

STRATEGI PENGERJAAN USM STAN TPA & TBI

Oi oi. .

Ini ada sedikit untuk kalian Permintaan dari seseorang (maaf tidak bisa ngetag) tapi saya yakin yang lain juga perlu bagi peserta USM STAN kedepannya

Silahkan dibaca jika berminat. . Okok?

Mau Lulus setiap ada tes saringan?? Belajar dengan keras sampai banting tulang saja tidak cukup kawan…. Ada strategi nya.

Pelan pelan akan kita bahas…

Mungkin anda sudah seringkali mendengarnya, tetapi mengerjakan soal yang anda anggap mudah dan sederhana bentuknya terlebih dahulu (menurut saya pribadi) adalah hal yang vital. Jangan memaksakan diri untuk mengerjakan soal secara urut,satu per satu berurutan,meskipun sulit atau rumit. Anda hanya akan membuang-buang waktu ujian yang sangat-sangatlah berharga saja.

Urutan prioritas yang terlebih dahulu perlu dikerjakan :

ANALOGI
SINONIM dan  ANTONIM
KOSA KATA , SERI HURUF DAN SERI ANGKA
KEMAMPUAN PENALARAN
PENGAMBILAN KESIMPULAN
KEMAMPUAN KUANTITATIF
SOAL GAMBAR
BACAAN
SOAL KUMULATIF

Kerjakan terlebih dahulu urut dari atas

Inget : Matematika / kemampuan kuantitatif itu mudah. Tapi….. itu menyita banyak waktu, sehingga panjenengan harus mengerjakan nya di urutan no 6.

Itu pun kalau anda pengen lulus. Pengen lulus kagak ?? jawabbb…

Mohon diperhatiakan juga,

STAN menerapkan nilai mati untuk setiap bagian soal, Syarat nilai standar USM STAN adalah 1/3 dari jumlah soal perbagian soal (TPA dan B.Inggris). Untuk TPA, kita harus menjawab benar 40 soal dari 120 soal. dan Bahasa Inggris harus terjawab benar 20 soal dari 60 soal. Jika syarat ini tidak memenuhi, maka dapat dipastikan, anda tidak lulus USM STAN. Mau kayak gitu po ???  jawaaaaaabb…..

Jadi, kerjakanlah terlebih dahulu 40 soal pada bagian TPA (Tes Potensi Akademik) , lalu langsung balikkan halaman soal anda menuju ke soal bahasa Inggris dan kerjakan 20 soal. Ya buat cadangan 25 lah…. Masih maukurang ? gak boleh, itu sudah harga pas.

setelah itu anda bisa memulai lagi dari TPA. Bayangkanlah betapa menyesalnya anda ketika anda memaksakan mengerjakan semua TPA dahulu dan kehabisan waktu mendapatkan jawaban benar 20 soal dalam Bahasa Inggris. Setelah anda melakukan hal diatas, anda akan merasa lebih enteng, lebih plong..dan lebih fokus untuk mengerjakan soal selanjutnya, rasanya seolah-olah ada batu seberat 20 kg yang baru saja terangkat dari pundak anda.. percaya deh!!!….

Karena begitu banyaknya peserta USM STAN, kita tidak bisa menargetkan memenuhi nilai mati saja, tapi carilah poin benar sebanyak-banyaknya. Sebagai info tambahan, system penerimaan USM STAN adalah sebagai berikut, pertama-tama panitia akan menyaring jumlah peserta yang lulus USM STAN (yang memenuhi kriteria nilai mati) misalkan yang lulus tahun ini ada 18ribu orang dari 105ribu pendaftar.lalu diantara orang-orang yang lulus itu akan di peringkatkan dari 1 sampai 18 ribu. Nah, setiap tahun STAN menerima sebanyak 2 ribu mahasiswa baru. Jadi diantara 18 ribu orang yang lulus itu hanya akan diambil 2 ribu orang peringkat teratas.

Sistem Penilaiannya adalah benar = +4, kosong = 0, salah = -1.

Waktu untuk menjawab seluruh soal USM STAN adalah 150 menit. Jadi kalau dihitung-itung, kita tidak memiliki waktu yang banyak untuk menjawabnya. Sediakan waktu 80 menit mengerjakan TPA dan 40 menit untuk Bahasa Inggris, dan sisa waktunya 30 menit kita gunakan untuk mengisi kembali jawaban yang belum terjawab(ini adalah pembagian waktu saya waktu USM dulu). Ada beberapa soal yang bisa dikerjakan hanya dalam 10 detik. Namun ada juga soal yang membutuhkan waktu hampir 7 menit untuk mengerjakannya. Intinya adalah usahakan anda dapat membagi waktu mengerjakan soal se- efektif dan se-efisien mungkin…

Saran saya, apabila anda berhadapan dengan soal yang anda agak burem ingatannya (lupa-lupa ingat gitu) cobalah bertaruh dengan jawaban yang anda rasa terlintas terus di pikiran anda. Jadi kalo tingkat keyakinan anda 50 %, maka Jawab lah…. Inget perbandingan benar dan salah , 1 : 4 gitu lho.. Sedangkan jika soal yang anda hadapi benar-benar blank(saya gambarkan pikiran anda gelap, sama sekali tak ada gambaran untuk menjawabnya) maka kosongkan saja jawaban soal itu dan segera beralih ke soal selanjutnya.

Nilai Modar.

  Soal USM STAN itu ada nilai mati, tidak seperti soal SNMPTN. Kamu memperoleh nilai mati jika pada salah satu bagian soal baik tes potensi akademik atau bahasa inggris, jumlah jawaban benar yang Kamu peroleh adalah kurang dari 1/3 jumlah soal untuk bagian tersebut.

Udah tau lah pasti….

  Jadi Kamu harus benar untuk TPA minimal 40 soal dan bahasa inggris minimal 20 soal untuk lolos dari nilai mati.


  Jika kamu bisa bener 120 soal di tes potensi akademik, tapi hanya bisa bener 18 soal di bahasa inggris, kamu tidak bisa lolos STAN.

Langkah 3 dan 4 itu lebih bersifat optional. Tujuan dari langkah 3 dan 4 adalah memperbesar kemungkinan bebas dari nilai mati.

Kenapa harus mengerjakan 45 soal TPA dulu kemudian 25 soal bahasa inggris?

Ingat nilai mati TPA 40 soal, jadi kalo Kamu hanya mengerjakan 40 soal, bila satu soal saja salah maka nilaimu mati. Makanya disarankan 45 soal TPA (kalo salah 5 soal kan gak papa) baru pindah ke bahasa inggris.

Pahami bagan berikut.

Format soal
  Jumlah soal  : 180 soal
  Waktu   : 150 menit
  Jumlah soal Tes Potensi Akademik (TPA) ada 120 soal
  Jumlah soal Bahasa Inggrisnya 60 soal



Satu soal benar, maka point bertambah 4
Satu soal salah, maka point berkurang 1
Soal tidak dijawab, makan point 0

Jadi point maksimal yang bisa kamu dapat adalah 720. Diterima atau tidaknya seseorang ditentukan oleh berapa banyak point yang kamu dapat dan berapa banyak yang diperoleh oleh sainganmu.

Maka berdoalah,,,, semoga saingan anda bodoh semua. ^_^

Misalkan STAN menerima sekitar 3700 mahasiswa baru. Jika ada 3700 orang yang pointnya diatas 452, maka kamu bisa lolos STAN hanya dengan 453. Kalau ada 3700 orang yang pointnya diatas 402, maka kamu bisa lolos STAN hanya dengan 403.

*STAN tidak pernah mempublikasikan berapa banyak point yang diterima, jadi tidak ada transparasi mengenai jumlah point. Yang kita tahu hanya diterima atau tidak saat pengumuman STAN.

Seperti inilah gambaran umum nya

TES POTENSI AKADEMIK

    KOSA KATA Terdiri dari 8 soal
    SINONIM Terdiri 5 soal
    ANTONIM Terdiri 5 soal
    ANALOGI Terdiri 8 soal
    BACAAN Terdiri 14 soal
    KEMAMPUAN KUANTITATIF Terdiri 40 soal
    KEMAMPUAN PENALARAN Terdiri dari 14 soal
    PENGAMBILAN KESIMPULAN Terdiri dari 10 soal

    SOAL KUMULATIF (dalam pengerjaan soal USM STAN soal seperti ini ditinggalkan dulu karena biasanya rumit dan makan banyak waktu) Terdiri 10 soal

    SOAL GAMBAR Terdiri 6 soal

    Misalnya jumlah soal bahasa inggris ada 60 soal, nilai mati 20 soal, Kamu udah bisa mengerjakan 25 soal yang Kamu yakin sudah benar, dan 35 soal bahasa inggris yang lain Kamu tidak bisa sama sekali. Dititik ini Kamu dianggap sudah memenuhi nilai mati di bahasa inggris. 35 soal yang Kamu tidak bisa sama sekali tersebut tidak perlu dikerjakan karena Kamu sudah melewati nilai mati. Ingat, tidak dikerjakan karena Kamu tidak bisa sama sekali. Kalau memang bisa, ya harus dikerjakan semua.

Yakinlah bahwa USM STAN itu mudah, karena soal soal ini memang mudah. Sampai disini anggap Kamu telah melampaui nilai mati.

Bila sudah memenuhi nilai mati, selanjutnya Kamu tinggal menambah nilai dengan menjawab soal-soal yang lain. Disinilah Kamu akan bersaing dengan peserta yang lain. Semakin banyak Kamu mengerjakan soal USM STAN dengan benar, semakin dekat Kamu dengan STAN.

Bila Tidak Mampu Melalui Nilai Mati ??

Apapun yang terjadi, Kamu harus melampaui nilai mati. Sangat sia-sia bila Kamu bisa mengerjakan 120 soal TPA dengan benar tetapi hanya bisa mengerjakan 19 soal bahasa inggris.

Ingat, cara ini digunakan bila kamu belum melampaui nilai mati.

Yang dibutuhkan adalah minimal 20 soal benar dari bahasa inggis. Bila Kamu hanya bisa 19 soal atau kurang, tidak ada cara lain, Kamu harus menerka atau menebak jawaban yang benar. Istilahnya gambling. Pakailah logika atau perasaan(feeling) kamu bila kamu benar-benar tidak bisa. Lingkari yang menurut Kamu paling benar.

Prinsipnya,

Benar  +4
Salah   -1
Tidak diisi 0

Seumpama kamu menjawab 5 soal, kemudian benar 1, yang 4 salah, maka nilainya 0. Bila menjawab 5 soal, kemudian dari lima soal itu benar 2, maka nilai Kamu bertambah 5. Jadi jangan takut untuk tidak menjawab bila kamu dalam keadaan terpaksa.

v Misalnya, Kamu cuma bisa mengerjakan 15 soal bahasa inggris, jelas itu adalah nilai mati. Artinya Kamu gak lulus meskipun TPA mu benar 120 soal. Untuk lolos Kamu butuh setidaknya 5 soal lagi yang benar. Karena 45 soal bahasa inggris yang lain Kamu gak bisa sama sekali, terpaksa Kamu harus menebaknya(gambling). Tebaklah jawaban yang menurutmu mendekati kebenaran. Atur strategi agar nilaimu tidak mati dan tetap tinggi.

Bagaimana mengerjakan satu soal STAN kurang dari 40 detik?

Tentu jawabannya adalah Kamu harus terbiasa dengan soal soal STAN.

Analoginya seperti ini,

Kamu bisa saja mengendarai mobil, meskipun baru pertama kali belajar. Tentunya dalam belajar mengendarai mobil masih sangat kaku dan tegang. Kemudian Kamu membutuhkan waktu sekitar satu bulan untuk mahir mengendarai mobil.

Soal soal STAN juga seperti itu, Kamu bisa mengerjakannya meskipun tidak belajar, tetapi saya yakin hasilnya tidak memuaskan.

Saat pertama kali mengerjakan, wajar kalo soal soal terasa sulit. Tapi bila Kamu udah terbiasa, Kamu bisa mengerjakan dengan mudah dan cepat. Misalnya Kamu mengerjakan soal USM STAN.

NB: Semoga bermanfaat, Terima kasih ^_^
Tips dan Trik Mengerjakan Soal TPA

Tips dan Trik Mengerjakan Soal TPA

Tes Potensi Akademik dianggap sebagai tes yang sulit bagi sebagian besar orang. Namun sesungguhnya, ada beberapa tips dan trik yang dapat membantu anda dalam menghadapi TPA ini. Antara lain adalah :

Satu bulan sebelumnya berlatihlah soal-soal TPA sebanyak mungkin. Dan patuhilah batasan waktu dalam mengerjakan TPA yang ada. Ini penting untuk membiasakan diri anda bekerja cepat menyelesaikan soal-soal tersebut. Jika anda tidak mematuhi batasan waktu tersebut, anda akan terbiasa mengerjakannya dengan santai dan dalam waktu yang lama. Jika ini terjadi, maka ketika anda mengerjakan soal TPA yang sebenarnya, maka anda akan mengalami kesulitan pengaturan waktu. Latihan soal-soal TPA sebanyak-banyaknya akan membuat anda akrab dengan berbagai jenis dan model soal. Analisa anda dalam mengerjakan soal-soal tersebut juga akan meningkat seiring dengan banyaknya latihan yang anda kerjakan.

Dalam tes TPA, tes angka yang diberikan umumnya adalah angka-angka yang bisa dikerjakan tanpa harus menggunakan rumus-rumus matematika tertentu yang rumit. Oleh sebab itu, tak perlu anda menghafal berbagai macam rumus-rumus matematika yang rumit untuk menghadapi tes TPA, karena hal itu justeru akan membebani anda saja. Yang diperlukan adalah logika berpikir terstruktur. Dengan banyak latihan soal, logika berpikir anda akan terbantu untuk semakin terstruktur sehingga memudahkan anda mengerjakan soal-soal serupa dengan cepat dan benar.

Saat anda mengerjakan soal-soal TPA, kondisikan diri anda dalam keadaan konsentrasi penuh. Tapi rileks. Tidak tegang. Tidak panik. Tegang hanya akan membuat energi otak anda cepat terkuras. Panik membuat anda mengerjakan soal secara ceroboh dan terburu-buru. Sehingga mudah terkecoh oleh jawaban yang sekilas benar.

Jangan memperturutkan rasa penasaran anda terhadap satu soal tertentu. Ini sangat berbahaya. Rasa penasaran terhadap satu soal tertentu  (biasanya terjadi pada soal-soal numerik atau angka) membuat waktu anda terkuras untuk mengerjakan soal tersebut. Belum lagi energi anda juga turut berkurang secara signifikan. Ditambah lagi emosi  juga akan naik, bila ternyata kemudian anda gagal menemukan jawabannya. Ingatlah bahwa setiap butir soal TPA memiliki bobot nilai yang sama. Sehingga jangan membuang-buang waktu untuk sekedar memperturutkan rasa penasaran anda tersebut.
Download Gratis Kumpulan Soal USM STAN dan Pembahasannya

Download Gratis Kumpulan Soal USM STAN dan Pembahasannya

USM STAN

USM STAN terdiri dari 3 tahap. setelah persyaratan diterima, Tahap pertama adalah tes tulis.
Tes tulis terdiri dari 2 bagian, tes potensi akademik (TPA) dan tes bahasa inggris (TBI).
Jika lolos, maka ada tes kesehatan dan kebugaran, serta tes assesment (wawancara) Tes tulis merupakan tahap yang paling krusial, karena paling banyak yang gagal, jadi kamu mesti menyiapkannya dengan baik. berikut soal dan pembahasan tes tulis USM STAN dari tahun ke tahun:
sudah termasuk Pembahasannya lowh ^_^
USM STAN 2001 --->
http://www.mediafire.com/download.php?b9sx7g0frdyi1wt (tanpa TPA)
USM STAN 2002 --->
 http://www.mediafire.com/download.php?t767f5a3xcnwyat 
USM STAN 2003 --->
 http://www.mediafire.com/download.php?1jh4whx33x9492e
USM STAN 2004 --->
 http://www.mediafire.com/download.php?rqolfwxqd8j1610 
USM STAN 2005 --->
 http://www.mediafire.com/download.php?w0je72t3zhnnkmv 
USM STAN 2006 --->
 http://www.mediafire.com/download.php?bsz5m6zbgrdkubz (no solution)
USM STAN 2007 --->
 http://www.mediafire.com/download.php?81h7ze68gognvm9 
USM STAN 2008 --->
 http://www.mediafire.com/download.php?bdsmydk5qym21jg 
USM STAN 2009 --->
 http://www.mediafire.com/download.php?8r8ugydqtk8ccnk 
USM STAN 2010 --->
 http://www.mediafire.com/download.php?r1617b23ug9gcv4

Disini tempat download soal USM STAN dan Pembahasannya gratis :
Download Soal USM STAN 2013 Lengkap Dengan Pembahasannya
Download Soal USM STAN Lengkap : Klik Disini
Download Soal Latihan USM STAN 2015 : Klik Disini
Download Soal Prediksi USM STAN 2015 : Klik Disini
Download Soal Try Out USM STAN 2015 : Klik Disini
Download Soal USM STAN 2014 2015 Klik Disini
Download Pembahasan USM STAN 2014 2015  Klik Disini

Terima kasih sudah berkunjung ^_^
semoga soal-soalnya bermanfaat buat kalian semua :*
Tips Dan Trik Mengerjakan Soal USM STAN + Minimal Nilai Yang Harus Di capai.

Tips Dan Trik Mengerjakan Soal USM STAN + Minimal Nilai Yang Harus Di capai.

Langkah demi Langkah Mengerjakan USM STAN Setelah gagal dalam Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri anda bisa memilih untuk masuk ke Sekolah Tinggi Administrasi Negara (STAN). atau mungkin anda memang kepincut terhadap cita-cita anda untuk masuk STAN berikut saran saya dalam mengerjakan soal-soal USM STAN. 1. BERDOA DULU SEBELUM MENGERJAKANNYA Yakinlah bahwa Allah selalu memberikan yang terbaik bagi kita. Berdoalah semoga kamu diterima di STAN tahun ini, bukan tahun depan, atau tahun depannya lagi. 2. Tulis nama Kamu sesuai dengan nama Kamu di kartu ujian. Nama harus sesuai dengan nama yang tercantum di BPU, sedikit saja terjadi kesalahan, nilai yang kamu peroleh tidak akan berguna. Nomor ujian juga sangat diperhatikan. Pastikan Kamu melengkapi data pribadi Kamu terlebih dahulu dengan benar. Ujian Masuk Perguruan Tinggi 3. KERJAKAN YANG MUDAH TERLEBIH DAHULU Terkesan sepele, tapi sangat penting. Ingat, tiap soal mempunyai nilai yang sama. Soal yang sangat sulit nilainya sama saja dengan soal yang lebih mudah. Jadi kenapa Kamu harus mengerjakan soal yang sulit dulu? Bila Kamu mengerjakan soal yang sulit terlebih dulu, pikiran Kamu cepat lelah dan memerlukan waktu yang lama untuk mengerjakannya. Intinya soal yang sulit itu bikin cepat stress, capek dan menghabiskan banyak waktu. Kemungkinan besar Ujian Saringan Masuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara tahun ini terdiri dari 180 soal dikerjakan dalam waktu 150 menit. Soal yang mudah hanya memerlukan beberapa detik untuk menyelesaikannya. Jadi, kerjakan yang mudah terlebih dahulu. Bagi yang kurang terbiasa mengerjakan soal-soal STAN, waktu 150 menit itu tidak cukup untuk mengerjakan 180 soal. STAN itu mencari pelajar-pelajar yang cepat dalam berpikir, jadi sengaja untuk membuat soal-soal yang membutuhkan waktu yang agak lama bagi yang kurang terbiasa. Sehingga banyak sekali yang tidak bisa menyelesaikan 180 soal tersebut. Tapi bukan berarti tidak bisa menyelesaikan soal itu tidak bisa lolos STAN. Aku dulu juga gak selesai terutama di bahasa inggris, tapi aku maksimalkan nilaiku di Tes Potensi Akademik. Tantangan USM STAN bukan hanya mengerjakan soal dengan benar, tetapi harus cepat juga. Format soal tahun kemarin adalah Jumlah soal : 180 soal Waktu : 150 menit Jumlah soal Tes Potensi Akademik (TPA) ada 120 soal Jumlah soal Bahasa Inggrisnya 60 soal Satu soal benar, maka point bertambah 4 Satu soal salah, maka point berkurang 1 Soal tidak dijawab, makan point 0 Jadi point maksimal yang bisa kamu dapat adalah 720. Diterima atau tidaknya seseorang ditentukan oleh berapa banyak point yang kamu dapat dan berapa banyak yang diperoleh oleh sainganmu. Misalkan STAN menerima sekitar 3700 mahasiswa baru. Jika ada 3700 orang yang pointnya diatas 452, maka kamu bisa lolos STAN hanya dengan 453. Kalau ada 3700 orang yang pointnya diatas 402, maka kamu bisa lolos STAN hanya dengan 403. *STAN tidak pernah mempublikasikan berapa banyak point yang diterima, jadi tidak ada transparasi mengenai jumlah point. Yang kita tahu hanya diterima atau tidak saat pengumuman STAN. Soal USM STAN itu ada nilai mati, tidak seperti soal SNMPTN. Kamu memperoleh nilai mati jika pada salah satu bagian soal baik tes potensi akademik atau bahasa inggris, jumlah jawaban benar yang Kamu peroleh adalah kurang dari 1/3 jumlah soal untuk bagian tersebut. Jadi Kamu harus benar untuk TPA minimal 40 soal dan bahasa inggris minimal 20 soal untuk lolos dari nilai mati. Jika kamu bisa bener 120 soal di tes potensi akademik, tapi hanya bisa bener 18 soal di bahasa inggris, kamu tidak bisa lolos STAN.
Perlu Kalian Ketahui Bahwa Tidak Semua Lulusan STAN Kerja di Kementerian Keuangan

Perlu Kalian Ketahui Bahwa Tidak Semua Lulusan STAN Kerja di Kementerian Keuangan

Selama ini persepsi yang terjadi di masyarakat awam adalah lulusan STAN nantinya akan bekerja di Kementerian Keuangan dan khususnya Pajak Bea Cukai. Persepsi ini yang sekarang perlu diluruskan. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara, posisi induknya memang berada di Kementerian Keuangan. Namun, hal ini bukan serta merta semua lulusan STAN ditempatkan di lingkungan Kementerian Keuangan. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan lulusan STAN juga berasal dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) serta Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Sebagaimana Lulusan STAN 2011 yang masih hangat-hangatnya penempatan, mereka terbagi dalam 3 kelompok besar penempatan yaitu : Sebanyak 1607 lulusan ditempatkan pada Kementerian Keuangan dan disebar ke 12 Unit Eselon 1; Sebanyak 80 lulusan ditempatkan pada Badan Pemeriksa Keuangan (BPK); Sebanyak 510 lulusan ditempatkan pada Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP). Semoga persebaran lulusan STAN ini membawa dampak yang positif ditengah kasus-kasus yang menimpa alumninya.
FAQ tentang STAN [3] Tentang Cara Masuk dan Biaya Kuliah di STAN

FAQ tentang STAN [3] Tentang Cara Masuk dan Biaya Kuliah di STAN

Q: stan itu ada asrama nya ga sih? A: ga ada, kos sendiri Q: kuota thn depan kira kira berapa rb ya?? A: belum tau Q: kapan ada Try Out STAN? A: TO tergantung masing2 daerah, km tanya kakak kelas atau anak daerahmu yg kul disana Q: tahun ini adanya D3 apa D1? A: masih belum tau Q: berapa biaya daftar ulang di STAN? A: daftar ulang cm skitar 600ribu itu dari BEM, bukan STAN, kalopun g mampu, gpp g bayar Q: stan yg S1 jurusannya apa aja ? A: ga ada, kalo ga D3 ya D1 Q: jalur beasiswa untuk masuk stan itu apa aja yah? A: semua ga bayar, ga ada jalur jaluran :) Q: kalau cewe ngambil pajak ada tes fisiknya atau gak? kalau ada, tes fisiknya kayak gimana? A: semua ada tes fisik, cm lari aja Q: Kalo ambil D1, itu kuliahnya di daerah masing” ya bukan di bintaro? A: di balai diklat keuangan atau di bintaro. balai diklat keuangan sendiri ada di beebrapa daerah Q: apa berlatih dgn soal2 taun2 sebelumnya membantu usm taun brikutnya? A: pasti dunk, jadi hafal dan paham tiap tipe soal, karena tiap tahun tipe soal mirip Q: kota tempat ngambil usm ngaruh gak sih sama kuotanya? A: ga ngaruh kok Q: stan buka jalur SNMPTN atau PMDK ga? A: ga, jalur masuk cuma ujian saringan masuk STAN Q: liat nilai rapot pengaruh ga? A: raport ga diliat scr langsung, tapi kan nilai ijazah 60% nilai raport, sedangkan nilai ijazah digunakan sebagai persyaratan mendaftar. jadi secara ga langsung pengaruh Q: tes tulis USM STAN apakah juga dipengaruhi oleh nilai ijazah? A: ga pengaruh, nilai ijazah cuma buat syarat daftar, nilai tes tulis murni dari tes tulis aja
FAQ tentang STAN [2] Kapan dan Apa saja Syarat Mengikuti USM STAN

FAQ tentang STAN [2] Kapan dan Apa saja Syarat Mengikuti USM STAN

Q: Kapan Pendaftaran USM STAN 2013? A: masih belum diketahui Q: Program diploma apa saja dibuka? A: masih belum diketahui Q: Apakah tahun ini ada program D3? A: masih belum diketahui Q: Kenapa tahun 2011 kemarin STAN tidak dibuka program D3? A: STAN berbeda dengan universitas lain. STAN belum tentu setiap tahun kontinyu membuka pendaftaran. Penerimaan STAN disesuaikan dengan kebutuhan dan formasi yang tersedia. Q: Bagaimana Tahapan Pendaftaran USM STAN? A: Sistem Pendaftaran Online http://usm.stan.ac.id), setelah mengisi form, print out bukti pendaftaran dicetak dan semua berkas pendaftaran dikirimkan via pos kilat khusus ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN 2011/2012 PO BOX STAN JKS 12000. Pembayaran dilakukan setelah berkas diverifikasi oleh panitia. Setelah verifikasi peserta mengambil print out BPU sesuai jadwal yang ditetapkan. Q: Syarat-syarat Pendaftaran USM STAN? A: untuk syarat tahun 2011 kemarin Berijazah SMA/sederajat, Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7.00, Nilai bahasa Inggris pada ijazah minimal 7.00 (tahun 2011), nilai ujian tertulis bahasa inggris minimal 7.00 (tahun 2010 dan sebelumnya). umur tidak kurang dari 17 tahun per 30 september 2011 dan tidak lebih dari 20 tahun per 1 september 2011. Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas narkoba Bersedia tidak menikah selama pendidikan Q: Apakah lulusan SMK semua jurusan boleh mendaftar? A: Lulusan smk semua lulusan boleh mendaftar Q: Bagaimana yang dimaksud dengan Nilai Rata-rata Ijazah? A: Gabungan semua nilai di ijazah dibagi jumlah mata pelajaran Q: Jika DO dari pendidikan, Apakah tetap diangkat jadi CPNS? A: Yang dikeluarkan dari pendidikan tidak akan diangkat jadi CPNS Q: Tes apa saja selama USM STAN? A: TPA dan Bahasa Inggris, Tes Kesehatan dan Kebugaran, dan Assessmet Q: Apa itu assessment? A: suatu pendekatan sistematis untuk mendapatkan informasi tentang individu. Informasi ini digunakan untuk membuat keputusan terkait dengan karier peserta. Assessment dapat berupa tes tertulis dan/atau wawancara. Q: Apa saja syarat untuk mendaftar Prodip Bea Cukai? A: Laki-laki, tinggi lebih dari 165cm, tidak buta warna, dan minus kurang dari 3,00. Q: Bolehkah mata minus lebih dari 3,0 mendaftar USM STAN? A: Minus lebih dari 3,0 diperkenankan mendaftar tapi tidak boleh memilih prodip Bea Cukai Q: Bolehkah perempuan memilih jurusan bea cukai A: Tidak boleh. Q: bolehkah seseorang yang cacat fisik mendaftar? A: boleh, dengan catatan cacat tidak menghalangi dalam mengikuti tes usm stan. Q: bolehkah berijazah pesantren mendaftar usm stan? A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat. Q: bolehkah berijazah paket C mendaftar usm stan? A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat Q: Apakah STAN membuka kelas bayar (STAN Swasta)? A: STAN tidak membuka kelas berbayar Q: Apakah kuota setiap daerah sama? A: Tidak ada kuota daerah Q: Bagaimana bentuk tes kesehatan dan kebugaran? A: Pemeriksaan kesehatan dan atletik (lari). Q: Kalau pernah patah tangan/kaki, boleh memilih spes bea cukai? A: Boleh Q: Dimana lokasi pendidikan? A: Lokasi pendidikan di Kampus STAN Bintaro dan/ atau Balai Diklat Keuangan di daerah. Lokasi pendidikan ditetapkan pada pengumuman hasil akhir usm stan.
FAQ tentang STAN 2012 [1] Proses Pendaftaran dan Test

FAQ tentang STAN 2012 [1] Proses Pendaftaran dan Test

Q: bagaimana proses penerimaan mahasiswa STAN? A: STAN menerima mahasiswa bedasarkan permintaan (kebutuhan pegawai) dari eselon 1 Kemenkeu (DJP, DJBC, BPPK, DJPB, dll) untuk proyeksi 3 tahun (D3) atau 1 tahun (D1). setelah ada permintaan tersebut, kemudian disampaikan ke STAN, kemudian STAN membuka pendaftaran mahasiswa baru Q: kenapa tahun lalu (2011) cuma D1 sedangkan D3 tidak? A: ini dikarenakan hanya pegawai D1 yang dibutuhkan dari tiap eselon 1 kemenkeu, sedangkan untuk D3 yang akan lulus tahun 2004 tidak ada permintaan maka STAN tidak membuka pendaftaran D3 Q: apakah masih ada penerimaan STAN untuk tahun 2012? A: dari data setjen (sekretariat jenderal kemenkeu) bahwasanya kebutuhan pegawai di kemenkeu masih banyak, jadi kemungkinan besar masih ada penerimaan STAN tahun 2012. untuk penerimaan D1 atau D3 nya, masih menunggu permintaan tiap eselon 1 kemenkeu. Q: apakah STAN masih ikatan dinas? A: STAN emang NGGAK IKATAN DINAS LAGI. tapi BUKAN BERARTI lulusan stan nggak kerja di kemenkeu. Definisi ikatan dinas kan selagi kuliah udah dapat duit (status CPNS), tapi di STAN enggak. Di STAN kamu masuk, kuliah gratis, lulus, magang dulu (sambil nunggu SK penempatan), setelah beberapa bulan kamu akan jadi pns di lingkungan kemenkeu. Kerja di kemenkeu ini, sifatnya WAJIB. kemenkeu nggak akan melepaskan mahasiswa stan dengan tenang setelah menguras duit negara untuk pendidikan mahasiswa STAN. Malah kalau kamu nggak mau kerja di kemenkeu kamu HARUS mengganti uang pendidikan sebesar puluhan juta. Jadi kalau ada yang bilang STAN nggak ikatan dinas lagi, itu emang benar. Dosen pun juga bilang gitu. Tapi kalau ada yang bilang lulus cari kerja sendiri, itu salah. Q: apakah perbedaan lulusan STAN tahun 2011 dengan sebelum-sebelumnya? A: mulai lulusan tahun 2011, ada perubahan peraturan menteri keuangan nomor 94/PMK.01/2010 ke peraturan menteri keuangan nomor 215/PMK.01/2011 tentang tata cara penyaringan dan penerimaan calon PNS dari D1 dan D3 STAN. jadi mulai lulusan 2011 harus mengikuti dulu ujian CPNS. dimana lulusan tahun 2011 kemarin ada ujian psikotest. namun tesnya ini khusus untuk lulusan STAN aja, ga campur seperti tes CPNS biasa. Q: apakah adanya ujian CPNS bisa menggagalkan lulusan STAN? A: kalo logikanya sangat kecil sekali ujian CPNS bisa menggagalkan lulusan STAN, karena selain lulusan STAN unggulan, negara juga tidak mungkin membiarkan orang yang telah dibiayai 1 tahun / 3 tahun keluar dari kemenkeu. pengalaman lulusan 2011, 100% yang ikut ujian CPNS lulus semua. Q: apakah pasti bekerja di kemenkeu? A: mayoritas iya, tapi nanti ada beberapa instansi diluar kemenkeu yang “minta” lulusan STAN juga. misalnya BPK (badan pemeriksa keuangan) atau BPKP
Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang USM STAN

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan tentang USM STAN

Q: Kapan Pendaftaran USM STAN ? A: Pendaftaran USM STAN 8 17 Jui 2011 via http://usm.stan.ac.id Q: Program diploma apa saja dibuka? A: Program yang dibuka adalah D1 Pajak dan Bea Cukai Q: Apakah tahun ini ada program D3? A: Tidak ada Progam D3 untuk tahun ini. Q: Kenapa tahun ini tidak dibuka program D3? A: STAN berbeda dengan universitas lain. STAN belum tentu setiap tahun kontinyu membuka pendaftaran. Penerimaan STAN disesuaikan dengan kebutuhan dan formasi yang tersedia. Q: Bagaimana Tahapan Pendaftaran USM STAN? A: Sistem Pendaftaran Online http://usm.stan.ac.id), setelah mengisi form, print out bukti pendaftaran dicetak dan semua berkas pendaftaran dikirimkan via pos kilat khusus ke Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru STAN 2011/2012 PO BOX STAN JKS 12000. Pembayaran dilakukan setelah berkas diverifikasi oleh panitia. Setelah verifikasi peserta mengambil print out BPU sesuai jadwal yang ditetapkan. Q: Syarat-syarat Pendaftaran USM STAN? A: Berijazah SMA/sederajat, Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7.00, Nilai bahasa Inggris pada ijazah minimal 7.00 (tahun 2011), nilai ujian tertulis bahasa inggris minimal 7.00 (tahun 2010 dan sebelumnya). umur tidak kurang dari 17 tahun per 30 september 2011 dan tidak lebih dari 20 tahun per 1 september 2011. Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas narkoba Bersedia tidak menikah selama pendidikan Q: Apakah lulusan SMK semua jurusan boleh mendaftar? A: Lulusan smk semua lulusan boleh mendaftar Q: Bagaimana yang dimaksud dengan Nilai Rata-rata Ijazah? A: Gabungan semua nilai di ijazah dibagi jumlah mata pelajaran Q: Apakah STAN Ikatan Dinas? A: STAN adalah PTK dan Lulusan STAN setelah lulus pendidikan diangkat menjadi CPNS. Q: Jika DO dari pendidikan, Apakah tetap diangkat jadi CPNS? A: Yang dikeluarkan dari pendidikan tidak akan diangkat jadi CPNS Q: Apakah USM STAN menerima pembayaran tunai? A: Tidak. Pembayaran melalui setor bank, setoran harus atas nama peserta. Tidak menerima transfer melalui ATM, SMS Banking dan Internet Banking. Panitia tidak menerima bukti pembayaran kolektif. Q: Transfer keNo Rekening berapa dan atas nama siapa? A: Mandiri 128 000 554 888 5 Bendahara Administrasi Keuangan BLU STAN Q: Jika telah melakukan penyetoran sebelum periode penyetoran ke bank, bolehkah bukti transfer tersebut digunakan untuk pengambilan BPU? A: Boleh, dengan catatan harus bukti setornya ada. Q: Tes apa saja selama USM STAN? A: TPA dan Bahasa Inggris, Tes Kesehatan dan Kebugaran, dan Assessmet Q: Apa itu assessment? A: suatu pendekatan sistematis untuk mendapatkan informasi tentang individu. Informasi ini digunakan untuk membuat keputusan terkait dengan karier peserta. Assessment dapat berupa tes tertulis dan/atau wawancara. Q: Apa saja syarat untuk mendaftar Prodip Bea Cukai? A: Laki-laki, tinggi lebih dari 165cm, tidak buta warna, dan minus kurang dari 3,00. Q: Bolehkah mata minus lebih dari 3,0 mendaftar USM STAN? A: Minus lebih dari 3,0 diperkenankan mendaftar tapi tidak boleh memilih prodip Bea Cukai Q:Bolehkah perempuan memilih jurusan bea cukai A: Tidak boleh. Q: Apakah harus memilih semua pilihan jurusan pada saat mendaftar? A: Iya. Jumlah pilihan ada 2. Jika perempuan maka cuma ada 1 pilihan. Q: bolehkah seseorang yang cacat fisik mendaftar? A: boleh, dengan catatan cacat tidak menghalangi dalam mengikuti tes usm stan. Q: bolehkan berijazah luar negeri mendaftar usm stan? A: Dapat mendaftar jika ijazahnya telah mendapat pengesahan dari Kementerian Pendidikan. Q: bolehkah berijazah pesantren mendaftar usm stan? A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat. Q: bolehkah berijazah paket C mendaftar usm stan? A: Boleh mendaftar, jika memenuhi syarat Q: Batas Umur mendaftar usm stan? A: Boleh mendaftar jika umur di atas 17 tahun per 30 september 2011 (artinya lahir sebelum 30 september 1994) dan umur di bawah 20 tahun per 1 september 2011 (artinya yang lahir sebelum 1 september 1991 tidak diperkenankan mendaftar) Q: bagaimana jika tanggal lahir di ijazah tidak sama dengan tanggal lahir yang tercantum di tkamupengenal? Padahal yang benar adalah di tkamupengenal? A: tanggal lahir yang digunakan untuk mendaftar usm stan adalah yang tercantum di ijazah, jika berbeda maka harus menyertakan RALAT ijazah dengan mencantumkan tanggal lahir sebenarnya. Q: Jadwal kegiatan usm stan 2011? A: Pendaftaran Pendaftaran: 8-17 Juli 2011 Pengiriman berkas: 8-18 Juli 2011 Penyetoran ke Bank: 29 Juli 2011 - 5 Agustus 2011 Pengambilan BPU: tercantum pada hasil verifikasi berkas Ujian: TPA & TBI : 21 Agustus 2011 Kesehatan & Kebugaran : 3 -8 Oktober 2011 Assessment: 24-30 Oktober 2011 Pengumuman Hasil Ujian: TPA & TBI : 29 September 2011 Kesehatan & Kebugaran: 17 Oktober 2011 Assessment: 17 Nopember 2011 Q: bagaimana cara menghubungi Panitia Pusat USM STAN? A: Jl. Bintaro Utama Sektor V, Bintaro Jaya, Tangerang Selatan 15222. Cq: sekretariat panitia usm stan Telepon: (021) 35999960-63 Email/Gtalk: usm at stan.ac.id Twitter: @usmstan Facebook: http://www.facebook.com/usm.stan.ac.id Q: Bolehkah surat menyurat selama usm stan? A: Tidak boleh Q: Berapa kota penyelenggaran USM STAN se Indonesia? A: 26 kota Q: Apakah STAN membuka kelas bayar (STAN Swasta)? A: STAN tidak membuka kelas berbayar Q: Bolehkah mengirim berkas selain dengan POS? A: Tidak boleh. Harus melalui POS Q: Jika alamat dekat dengan STAN, bolehkah berkas diantar sendiri? A: Tidak boleh. Harus melalui POS Q: Berapa kuota yang diterima tahun ini? A: Jumlah yang diterima dapat dilihat pada pengumuman hasil akhir usm stan Q: Apakah kuota setiap daerah sama? A: Tidak ada kuota daerah Q: Harus bagaimana warna latar belakang pas foto? A: Latar belakang pasfoto boleh merah ataupun biru. Q: Bagaimana cara mengetahui berkas sudah diverifikasi? A: Diumumkan di situs www.stan.ac.id pada 29 juli 2011 Q: Bagimana jika berkas kurang (tidak lengkap)? A: Jika berkas yang tidak lengkap, maka harus dikirimkan lagi 1 (satu) paket dokumen pendaftaran paling lambat tanggal 18 Juli 2011 Cap Pos Q: Bagaimana bentuk tes kesehatan dan kebugaran? A: Pemeriksaan kesehatan dan atletik (lari). Q: Bagaimana jika kondisi baru selesai operasi oleh dokter tidak diperbolehkan tes kesehatan dan kebugaran? A: Tidak dapat mengikuti tes maka dinyatakan gugur. Q: Pada saat mengambil BPU, harus membawa apa saja? A: Hasil cetak formulir online Bukti setor bank yang asli Menyerahkan pasfoto yang sama dengan yang ditempelkan pada formulir online ukuran 3 X 4 sebanyak 3 lembar Bukti asli diri yang berfoto (ijazah/KTP/SIM/Paspor) Q: bolehkah meminta kembali uang yang sudah ditransfer? A: Uang yang sudah ditransfer tidak dapat diminta kembali dengan alasan apapun Q: Kalau pernah patah tangan/kaki, boleh memilih spes bea cukai? A: Boleh Q: Bolehkah mengambil BPU di luar tanggal yang ditetapkan? A: Pengambilan BPU di luar jadwal tidak akan dilayani dan dinyatakan gugur. Q: Sudah datang pada hari h pengambilan BPU, tetapi berkas yang dibawa tidak lengkap, bagaimana prosesnya? A: Kekurangan berkas harus dilengkapi pada hari h tersebut. Jika tidak bisa melengkapi pada hari h maka dinyatakan gugur. Q: Lokasi TPA&TBI seharusnya di kota A. Pada saat tes sedang berada di kota B, bolehkah mengikuti tes di kota B? kalau boleh bagaimana prosedurnya? A: Tidak boleh. Q: Dimana lokasi pendidikan? A: Lokasi pendidikan di Kampus STAN Bintaro dan/ atau Balai Diklat Keuangan di daerah. Lokasi pendidikan ditetapkan pada pengumuman hasil akhir usm stan. sumber: facebook.com
Profil Lengkap Tentang D1 STAN dari Kuliah sampai Kerja

Profil Lengkap Tentang D1 STAN dari Kuliah sampai Kerja

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, tahun 2011 kemarin USM STAN cuma membuka diploma 1, yaitu D1 Pajak dan D1 Bea Cukai (taun taun sebelumnya ada DIII akuntansi, pajak, PPLN, anggaran, PBB, bea cukai dan DI bea cukai). Sedangkan taun depan bukanya apa masih belum tau tau. #keeppraying(?_?) Hmmm D1 ya? Kok ga elit banget kedengerannya. Tapi tunggu dulu, ini BDB, Bukan D1 Biasa. Waaa Afgaaan!!! Afgaaan!!! #plak!! Emang gimana sih D1 STAN? keterangan ini bedasarkan kejadian taun-taun sebelumnya, jadi kalo ada kebijakan yang berubah, itu di luar perkiraan. MASA KULIAH masa kuliah D1 cuma satu tahun, jadi cuma ada 2 kali masa semester, sehingga ‘peluang’ ter-DO itu relatif lebih kecil dari D3. Mulai kuliah sekitar januari dan berakhir akhir taun. FYI mahasiswa bisa terDO karena 2 hal, pertama nilai yang kedua indisipliner. Jarang banget kok mahasiswa yang terDO karena nilai, kebanyakan sih indisipliner, missal bolos atau nyontek. Dan yang paling penting sama kayak DIII, DI ini juga GRATIS dan IKATAN KERJA TEMPAT KULIAH tempat kuliahnya ditentukan oleh pihak STAN sendiri dan baru tau ketika pengumuman. Selain di Jakarta, tempat kuliahnya juga disebar di beberapa daerah, yaitu Cimahi, Malang, Balikpapan, Makassar, Bali dll. Jadi meski daftar dan ikut USM di Malang, tempat kuliahnya bisa di Makassar atau Balikpapan atau lainnya. Nentuinnya berdasarkan apa saya juga kurang tau, tapi kayaknya ngacak deh. Yang jelas bukan karena wajah ;p AFTER LULUS setelah lulus D1 STAN, maka akan langsung magang sekitar 1 tahun. sehabis magang, akan ada Prajabatan yakni diklat pemantapan menjadi CPNS. Setelah lulus Prajab maka kita akan ditempatkan dan tinggal menunggu SK PNS. jadi ga langsung lulus D1 langsung kerja tapi magang setahun trus prajab dulu. Kira-kira umur 19 tahun udah jadi PNS, bayangin aja, masih unyu maksimal dah jadi pegawai dan nerima gaji. WAJIB KERJA wajib kerja lulusan D1 adalah 4 tahun. Kalo sebelum masa wajib kerja habis dan mau keluar dari Kementerian Keuangan, maka harus mengganti biaya ganti rugi uang kuliah sebesar 10 juta. Kayak kasus Briptu N*rman kemarin yang keluar dari kepolisian, maka dia harus mengganti biaya ganti rugi pendidikannya. Tapi jangan mengundurkan diri kayak gitu ya, kayak Briptu Eka Frestya dooonk. Trus setelah 4 tahun wajib kerja, maka akan ditawari, mau nerusin atau ga. Kalo nerusin ya tetep jadi pegawai, bila ga nerusin ya terserah mau ngapain, mau bentuk boyband,girlband juga boleh atau mau duet ma Cherrybelle juga gak papa. PENEMPATAN penempatan kurang lebih sama dengan yang D3, yaitu di seluruh Indonesia. Penempatan bisa berdasarkan kebutuhan, bisa ngacak, bisa berdasarkan IP (nilai). Biasanya (tapi ga selalu) yang IP-nya mepet bates DO, bakalan ditempatin di daerah antah berantah, ga ada di google apalagi foursquare #ahahahaha #gasegitunyaaaaa KARIER lulusan D1 masuk ke pegawai golongan II-A, sedangkan lulusan D3 masuk ke golongan II-C. Kenaikan pangkat PNS tiap tingkatan (dari II-A ke II-B dari II-B ke II-C dan seterusnya) yaitu empat tahun sekali dan dimungkinkan kenaikan pangkat dapat dipercepat dengan kesetaraan pangkat. Hal itu dapat dilakukan dengan menempuh pendidikan di luar jam kerja.Selain itu ada jabatan fungsional pegawai, mereka kebanyakan lebih cepat naik pangkat dari pada pejabat struktural. GAJI Gaji pokok pegawai II-A dengan masa kerja 0 tahun adalah 1,5 juta. kalo misal ditempatkan di Direktorat Jendral Pajak, maka akan mendapatkan tunjangan sekitar 2,6 juta. Jadi total sekitar 4,1 juta. cukup tinggi bukan totalnya? selisih ‘take home pay’ dengan lulusan D3 cuma sekitar 800ribu (sama2 pegawai pajaknya fresh graduate). Asiik bisa beli bebeh nich :D KULIAH LAGI 1. D3-khusus tiap tahun STAN juga mengadakan USM khusus anak D1 STAN (ga tau kalo taun depan, ada ga). jadi peserta USM adalah anak D1 STAN untuk dapat masuk D3-khusus. apabila diterima, maka akan kuliah dengan masih ber-status sebagai pegawai tapi ga kerja selama kuliah, tetep dapet gaji (walaupun, kalo ga salah, ga dapet tunjangan). tempat kuliah di kampus STAN Bintaro juga. Setelah lulus D3 khusus maka pangkatnya akan naik dari golongan II-A jadi II-C. 2. Kuliah biasa kalo mau nerusin kuliah juga bisa, FYI, alumni STAN banyak yang ngambil jalan ini pula. Tentu saja ada aturannya kalo kuliah lagi. Setelah lulus, bisa mengikuti ujian penyetaraan dan bila lolos maka akan naik pangkat. PLUS-MINUS plus (+) 1. Pastinya lebih cepat, cocok buat yang punya butuh mendesak (contoh: mesti segera biayai kuliah adeknya, pengen cepet kawin #ehnikah ( _ “)) 2. Cuma melewati 2 kali masa semester, berarti tekanan frekuensi DO cuma dikit/bentar 3. Hemat umur, masih unyu-unyu dah jadi pegawai (??)? 4. Beda take home pay dengan lulusan D3 cuma 800 ribu (fresh graduated, instansi Pajak) minus (-) 1. Pangkat rendah 2. Kurang gengsi (buat yang gengsian)
Bagaimana cara mendaftar USM STAN ? Inilah Langkah - Langkah Mengikuti Tes USM STAN

Bagaimana cara mendaftar USM STAN ? Inilah Langkah - Langkah Mengikuti Tes USM STAN

Salah satu kementerian yang paling penting di negara tertjintah kita ini adalah kementerian keuangan. Dalam rangka memenuhi permintaan pegawai yang ada di kementerian keuangan, salah satunya (selain tes CPNS) didirikanlah STAN. nah sumberdaya manusia yang akan digodok di STAN ini disaring dengan yang namanya USM STAN USM STAN diadakan tiap tahun, dengan jumlah peserta yang naudzubillah, dan jumlah yang diterima rata-rata 2-4% tiap tahun. jumlah peserta yang diterima tersebut merupakan proyeksi kebutuhan pegawai di Kemenkeu dalam 5 tahun kedepan (untuk DIII) dan 3 tahun kedepan (untuk DI) Misal ni ya, tahun 2008 STAN menerima 2000 mahasiswa DIII, maka kebutuhan lulusan DIII Kemenkeu tahun 2013 adalah sekitar 2000 anak. Trus tahun 2011 kemarin kan nerima sekitar 1600 mahasiswa DI, jadi kebutuhan Kemenkeu terhadap lulusan DI 3 tahun mendatang sekitar 1600 lulusan. Ini juga menjawab pertanyaan kenapa tahun 2011 kemarin cuma buka D1 aja Tahun depan? hanya Tuhan yang tau, soalnya kayak kantor pajak, kantor bea cukai dan instansi2 lain baru menyerahkan jumlah yang mereka butuhkan 5 tahun ke depan pas mendekati USM. Jalur masuk STAN cuma ada USM STAN (jadi ga da yang namanya PMDK, apalagi SNMPTN :p), sampai tahun 2010 tesnya cuma tes tulis, namun mulai tahun 2011, USM STAN terdiri dari 4 proses: 1. Verifikasi Berkas 2. Tes Tulis 3. Tes Kesehatan & Kebugaran 4. Tes Assesment Oke pertama Verifikasi Berkas. Verifikasi berkas ini merupakan pemeriksaan kelengkapan dan syarat-syarat yang harus kamupenuhi untuk ikut USM, yaitu yang terkait dengan: Berijazah SMA/sederajat, Nilai rata-rata pada ijazah tidak kurang dari 7.00, Nilai bahasa Inggris pada ijazah minimal 7.00 (tahun 2011), nilai ujian tertulis bahasa inggris minimal 7.00 (tahun 2010 dan sebelumnya). umur tidak kurang dari 17 tahun per 30 september 2011 dan tidak lebih dari 20 tahun per 1 september 2011. Berbadan sehat, tidak cacat badan, dan bebas narkoba Bersedia tidak menikah selama pendidikan Alurnya, kamudaftar online -> ngirim berkas-berkas syarat ke STAN lewat pos -> oleh STAN berkas tersebut diperiksa -> pengumuman yang lolospemerriksaan/verifikasi ->kamumembayaruangpendaftaran -> mengambil nomor ujian tahun 2011 kemarin ada sebanyak 50 ribuan peserta yang lolos verifikasi berkas, namun yang mengambil nomor ujian cuma 40 ribuan. ntah lah kenapa ada 10ribuan anak yang ga ngambil nomor ujian sehingga ga bisa ujian. Kedua Tes Tulis, tes tulis merupakan step paling krusial dalam 4 tahapan diatas, kenapa? karena paling banyak yang gugur tu disini. bisa dibilang, kalo lolos tes tulis, udah menginjakkan satu kaki di STAN. tahun 2011, dari 40 ribuan peserta tes tulis, diambil sekitar 2700 anak yang akan mengikuti tahap selanjutnya. Tes tulis nanti akan dijelaskan lebih detail. Tahap selanjutnya adalah Tes Kesehatan dan Kebugaran. Tes Kebugaran meliputi lari keliling lapangan selama 12 menit dan lari membentuk angka 8. Sedangkan tes kesehatan meliputi check up: 1. Mata 2. Tenggorokan 3. Denyut Nadi 4. Tensi Darah 5. Buta Warna 6. Telinga Tahun 2011 ada 1700an anak yang lolos ke tahap selanjutnya yaitu tes assesment, jadi ada sekitar 1000 anak yang gugur di tes kesehatan dan kebugaran ini. Trus Tes Assesmentitu kayak gimana? Tes assessmentnya disuruh nulis riwayat hidup, antara lain: data diri, sekolah, organisasi sekolah, kursus, prestasi, penguasaan mengenai komputer dan kemampuan yang inginkamukembangkan. Nanti akan ditanya tentang riwayat hidup yang kamutulis itu dan juga ditanya alasan kenapa ingin masuk ke STAN? atau bagaimana apabila ditempatkan dijurusan yang tidak kamuinginkan? Apakah masih minat? Nah setelah tes assessment ini lolos berarti udah resmi diterima sebagai mahasiswa STAN, tinggal daftar ulang aja. Kok tesnya jadi banyak gini? kenapa ga kayak taun2 lalu tes tulis aja??? kalo tes tulis aja, itu malah yang aneh, soalnya di perguruan tinggi kedinasan lain ya ada beberapa tahap gini tesnya, kayak IPDN, STIS, dkk itu tesnya dari dulu udah beberapa tahap. Nah tes ini juga sebagai salah satu syarat diterima CPNS, jadi nanti tinggal psikotes saja ketika lulus dari STAN (karena sudah wawancara, tes potensi akademik, bahasa inggris, dan tes kesehatan kebugaran)
Sekilas Tentang Test Tahap 1 Usm Stan ( Tes Akademik )

Sekilas Tentang Test Tahap 1 Usm Stan ( Tes Akademik )

tes tulis USM STAN merupakan tahapan terberat dalam USM STAN. So persiapanmu kudu mumpuni agar dapat melewatinya. Tes Tulis USM STAN terdiri dari 2 bagian 1. Tes Potensi Akademik (TPA) 120 soal 2. Tes Bahasa Inggris (TBI) 60 soal Jadi ga ada ya yang namamya tes akuntansi atau tes ekonomi, semua background baik SMA IPA, IPS, Bahasa, STM, SMK mempunyai peluang yang SAMA, kembali tergantung ke diri masing-masing Sebelum 2011, dua bagian tersebut dikerjakan dalam sekali waktu, yaitu 150 menit, namun pada tahun 2011 kemarin dua bagian tersebut dikerjakan secara terpisah, yaitu 100 menit untuk TPA dan 50 menit untuk bahasa inggris. Tes Potensi Akademik Tes Potensi Akademik (TPA) ini pada dasarnya digunakan untuk mengukurkecerdasankamu, kayak tes IQ gitu lah. Bukan mengukur potensi, kalo mengukur potensi dan akhirnya tidak berpotensi, namanya impotensi donk #eh TPA terdiri dari 120 soal dengan waktu pengerjaan 100 menit Soal2 TPA terdiri dari: 1. Kemampuan Verbal 2. Kemampuan Kuantitatif 3. Kemampuan Logika PENJELASAN KEMAMPUAN VERBAL kemampuan verbal merupakan kemampuan dalam hal bahasa, meliputi perbendaharaan kata serta penguasaan bahasa a. sinonim (5 soal*) b. antonim (5 soal*) c. kosa kata (6 soal*) d. analogi (9 soal*) NOTE: banyak banyaklah membaca untuk empat kategori soal diatas, agar perbendaharaan kosa kata bertambah. Jangan males untuk mencari arti dari sebuah kata yang belum diketahui. Untuk soal analogi, cari hubungan paling khusus antara 2 kata di soal. Kemudian cari di jawaban. INGAT bobot tiap soal sama, soal jenis ini dapat dikerjakan cuma dalam beberapa detik, sayang banget kalo banyak yang ga bisa. e. bacaan (10 soal*) NOTE: banyak banyaklah membaca juga, tapi dalam konteks membaca cepat. Dalam mengerjakan soal USM, sebaiknya baca soalnya dulu baru kemudian mencari jawaban di bacaan. Karena apabilakamumembacabacaannyadulu trus kemudian mengerjakansoal, makakamu cenderung akanmembaca bacaannya lagi (jadi bisa 2x baca bacaan). Ingat, 1 soal ga ada 1 menit!! KEMAMPUAN KUANTITATIF kemampuan kuantitatif merupakan kemampuan dalam hal menghitung. Logika disini juga berperan penting, terutama dalam soal cerita. Taun lalu terdiri dari 45 soal. NOTE: banyak banyaklah berlatih soal2 USM tahun sebelumnya agar terbiasa dengan soal jenis ini, karena tiap tahun tipe soalnya sama. Jadiapabilakamu sudah terbiasamaka ga akan lama-lama buat mikir gimana ya caranya?.Berlatihlah sampai kamu benar2 ngerti dan paham maksud dan logika soalnya. KEMAMPUAN LOGIKA kemampuan logika ini mengukurlogikakamu, jadijawabnya jangan pake perasaan ya :p (terutama yang cewe) #eh a. soal ceritalogika (14 soal*) NOTE: soal jenis ini agak lama pengerjaannya dan membutuhkan kerja otak yang agak berat, jadi sebaiknya jangan dikerjakan di akhir waktu, ketika otak mulai lelah. Buat coret-coretan, gambar atau tabel untuk mempermudah memahami soal. b. penarikan kesimpulan (10 soal*) NOTE: soal jenis ini tampak mudah dan tidak butuh teori, namun banyak yang sering salah atau kesulitan dalam soal jenis ini. Yup, baca lagi teori pas dulu kelas 1 mengenai penarikan kesimpulan. Trus untuk membantu memahami soal, kadang diperlukan juga gambar. c. logika barisan angka & huruf (10 soal*) NOTE: ingat ini logika barisan, bukan barisan bilangan aritmatik atau geometri. Jadi ga perlu rumus Sn atau Un untuk mengerjakannya. (bilangan aritmatik atau geometri masuk ke bagian kemampuan kuantitatif). Banyak-banyak berlatih aja, agar mengerti variasi polanya. Kalo perlu catat pola-pola gimana aja yang sering keluar. Untuk logika barisan huruf, tinggal convert aja ke angka, misal: a=1, b=2, dst. d. logika barisan gambar (6 soal*) NOTE: soal jenis ini juga merupakan logika. Hampir mirip dengan soal logika angka, soal ini menanyakan gambar mana yang seharusnya menjadi kelanjutan. Secara umum soal logika gambar dibagi menjadi 2, yaitu jumlah dan gerak. Soal kategori ini tergolong paling mudah kok ? Tes Bahasa Inggris Tes Bahasa Inggris (TBI) yang diujikan dalam USM STAN merupakan tipe soal TOEFL, jadi tingkat kesulitannya sedikit diatas pelajaran SMA. Apa itu TOEFL? TOEFL (test of English as foreign language) biasanya digunakan sebagai syarat kalo ngelamar perusahaan atau kuliah di luar negeri. Wah sulit dunk? Ga juga kok, intinya kayak pelajaran bahasa inggris pas SMA, tapi ada beberapa materi baru yang ditambahkan. Lebih baik kamubelibukuTOEFL atau ikut lesnya karena itu sangat membantu. Tapi bila basic English mu dah bagus, ga beli buku atau ikut les juga ga jadi masalah, cukup buku SMA aja. TBI terdiri dari 60 soal dengan waktu pengerjaan 50 menit Soal2 TBI terdiri dari: 1. Structure and Written Expressions 2. Error Recognition 3. Reading Comprehension NOTE:dalam TBI, tidak banyak variasi teknik belajar atau pengerjaan yang digunakan. Karena Structure and Written Expressions dan Error Recognition itu dominan teori yang digunakan. Intinya belajar TOEFL gitu aja lah. Cari aja di took-toko buku terdekat, pasti ada, kalo ga ada di took buku yang terjauh. Sedangkan Reading hampir sama seperti bacaan pada TPA, yaitu baca soalnya dulu, cari kata kunci soal, baru baca bacaannya. Ingat yang kamubutuhincumajawaban, dalam artian kamu baca bacaan cuma nyari jawaban, ga perlu paham banget maksud bacaan.
Info Pendaftar USM STAN 2013 , Menkeu Memastikan Penerimaan STAN Tahun 2013

Info Pendaftar USM STAN 2013 , Menkeu Memastikan Penerimaan STAN Tahun 2013

Menteri Keuangan sudah memastikan STAN buka pendaftaran tahun 2013.
Alhamdulillah, hanya kata itu yang bisa saya ucapkan. Harapan adik-adik untuk masuk ke STAN semakin terbuka. Mari kita sama-sama berdoa semoga harapan ini berjalan mulus dan terwujud nantinya. Informasi ini saya dapat dari salah seorang teman yang mau berbagi informasi kepada kita semua (Lendra Permana).

Kabar baik tersebut dapat kalian baca di http://finance.detik.com/read/2012/09/30/134306/2045944/4/


Kementerian Keuangan (Kemenkeu) memastikan penerimaan mahasiswa baru untuk Sekolah Tinggi Akuntansi Negara (STAN) pada tahun depan. Hal ini guna memenuhi kebutuhan pegawai siap pakai di Kemenkeu sendiri maupun di kementerian/lembaga lain.

"Saya kira tahun depan akan tetap ada, tetapi berapa D3 yang buka atau D1 yang buka, tergantung permintaan eselon 1 Kemenkeu nantinya," ujar Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK) Kemenkeu Kamil Sjoeib kepada detikFinance, Minggu (30/9/2012).

Menurut Kamil, meskipun banyak isu negatif mengenai lulusan STAN terkait kasus korupsi aparat Ditjen Pajak yang merupakan lulusan STAN, seperti Gayus Tambunan, masih banyak lulusan STAN yang berikan kontribusi sangat besar bagi negara.

"Itu oknum, karena kontribusi lulusan STAN kepada kelembagaan luar biasa. Jadi jangan lihat 1-2 orang saja, secara keseluruhan juga harus dilihat, kita menghasilkan orang-orang terampil, siap pakai, itu yang kita pertahankan," tegasnya.

Untuk menjaga kualitas lulusan STAN, Kamil menyatakan ada tambahan pendidikan untuk mereka yang akan masuk dunia kerja.

"Kita sekarang ada diklat pembentukan karakter, nilai Kemenkeu, kode etik, kita tambahkan. Terutama ketika mau jadi pegawai karena itu basic training," ujarnya.

Selain memenuhi kebutuhan pegawai Kemenkeu, Kamil menambahkan para lulusan STAN ini dapat juga diambil oleh kementerian/lembaga lain.

"Tahun ini 1.607 sudah diprogram masuk tahun ini, ini yang diwisuda tahun lalu. Tahun depan kita coba lagi, tahun depan masih ada wisuda banyak, tergantung penyerapannya bagaimana. Kalau ada k/l mau kita kasih, tapi ditanggung di sana," pungkasnya.
Semoga kabar ini bisa membuat adik-adik lega. Tetap persiapkan diri kalian yah kawan.

Tips dan Trick

More »

USM STAN

More »