Tips Bagaimana Cara Belajar Agar Lebih Berkonsentrasi

Biasanya di waktu musim ujian seperti ini, Entah ujian untuk masuk sekolah, masuk perguruan tinggi, ataupun ujian yang biasa di lakukan dalam kegiatan belajar mengajar, seperti: UAN, UAS, Mid Semester, Semesteran, dan lainnya. Sebagain besar dari kita butuh konsentrasi lebih dalam hal belajar untuk bisa cepat memahami apa yang sedang kita pelajari. Pastinya kamu tidak mau gagal dalam ujian nanti ataupun mendapatkan nilai yang kurang memuaskan.

Maka dari itu, saya membuat beberapa tips bagaimana caranya untuk dapat berkonsentrasi dalam hal belajar. Mudah-mudahan dengan mengikuti tips dari saya, belajar kamu akan menjadi lebih maju lagi dan mendapatkan hasil yang memuaskan tentunya. Berikut adalah tips yang harus kamu coba lakukan:

cara belajar efektif

1. JANGAN BIARKAN ADA GANGGUAN.

Jangan biarkan ada gangguan yang datang ketika kita sedang belajar, walaupun sudah lumrah yang namanya gangguan itu pasti akan datang.

Gangguan tersebut bisa dalam bentuk yang bermacam-macam. Mulai dari suara televisi, telepon, lingkungan di sekitar rumah kita, sampai suara nyamuk yang sedang balapan ataupun menyerang kamu. Kalau kamu sudah merasa terganggu, biasanya konsentrasi belajar kamu akan menjadi buyar. Untuk menghindari hal tersebut, coba kamu kondisikan situasi di sekitar kamu supaya bisa mengurangi gangguan-gangguan yang akan terjadi saat belajar. Salah satunya, matikan televisi, matikan atau mode silent pada ponsel kamu, dan masih banyak lagi.

2. JANGAN LUPA SIAPKAN CATATAN KECIL.

Dengan kamu menyiapkan catatan kecil, kamu bisa mencatat hal-hal penting yaitu menurut kamu patut untuk di ingat lagi. Jangan pernah kamu meremehkan kekuatan dari sebuah catatan kecil. Cobalah untuk Selalu menyiapkan beberapa lembar block note atau kertas yang berukuran kecil.

3.BUATLAH TARGET.

Dengan kamu membuat sebuah target yang ingin kamu capai, dan cobalah belajarlah dengan target tertentu. Coba menetapkan pada hari ini ada berapa jumlah halaman yang akan kamu baca dan hal apa yang harus kamu hafalkan. Jangan lupa kamu juga harus mengatur berapa lama kamu belajar hari ini.

4.SIAPKAN HADIAH UNTUK DIRIMU SENDIRI.

Siapkanlah reward penghargaan untuk dirimu sendiri, Kenapa tidak? Setelah kamu serius belajar, dan hasil dari target kamu tercapai serta mendapatkan nilai yang memuaskan. Cobalah untuk menyenangkan diri kamu sendiri. Buatlah suatu hadiah sebagai imbalan pada diri kamu jika kamu bisa mencapai target tertentu. Misalnya, kalau kamu bisa menghafal ini, kamu bisa beli es krim atau jika kamu mendapatkan nilai 100 kamu mau beli sesuatu barang yang berguna untuk kamu.

5. TIDAK PERLU TAKUT KEHILANGAN TEMAN.

Saat kamu terus belajar dirumah, terkadang kamtakut kehilangan teman atau bahkan kurang pergaulan. Tidak perlu cemas, karena belajar tidak akan membuat teman-temanmu hilang ataupun pergi meninggalkan kamu. Saya masih ingat betul kata ayah saya "kalau kamu jadi orang pinter, bukan kamu yang mencari orang tapi kamulah yang dicari banyak orang". Hasilnya, memang benar. Saya sering mengajarkan teman-teman saya sejak di bangku smp, sma, dan sampai sekarang. Orang yang pintar itu mustahil tidak punya teman, karena mengobrol dengan orang pintar itu asik. Kesana kesini nyambung, pengetahuannya luas. Bandingkan dengan orang yang kurang pengetahuan, tidak nyambung kita bahas apa.

Mudah-mudahan semua tipayang saya berikan akan berguna untuk kamu semua dalam menghadapi ujian di sekolah, di kampus, maupun di kantor kamu.

Sekian dari saya, terima kasih.


EmoticonEmoticon