Tips Ampuh Cara Menghilangkan Komedo Yang Membandel

Wajah yang mulus dan terbebas dari gangguan merupakan impian setiap wanita. Tapi bayangkan jika wajah mulus kamu selalu terganggu dengan hadirnya komedo yang membandel disekitar hidung kamu. Selain akan merusak penampilan wajah, komedo juga bisa merangsang pertumbuhan jerawat loh guys.

Komedo muncul disebabkan pori-pori kulit kita yang tersumbat oleh minyak (sebum), lapisan sel tanduk dan juga bakteri di sekitar permukaan kulit. Parahnya lagi, jika tangan jahil kamu sering mengorek-orek komedo tersebut sehingga bisa meninggalkan bekas yang mungkin sulit untuk dihilangkan. Namun kalian jangan khawatir, karena saya mempunyai tips agar bisa terhindar dari masalah komedo yang satu ini.

cara menghilangkan komedo

• Pakailah Kosmetik Khusus.
Maksudnya adalah dengan memakai produk yang bebas dari minyak (oil free), non comedogenic, serta waterbase, sehingga kulit kamu tidak akan mudah tersumbat oleh minyak.

•  Bersihkan Wajah 2 Kali Sehari.
Lakukan hal ini secara rutin. Tapi kamu juga jangan terlalu sering mencuci muka, karena membuat kandungan minyak pada wajah yang bertugas sebagai pelembab alami akan hilang.

• Stop Memencet Hidung.
Jangan pernah kamu memencet ataupun mengorek-orek hidung hanya karena ingin menghilangkan komedo. Padahal cara ini akan membuat kulit kamu menjadi kemerahan dan meradang bahkan bisa sampai luka. Akibat lainnya, pori-pori kamu juga akan bertambah besar dari sebelumnya.

• Cobalah Masker Pada Wajah.
Coba masker wajah kamu dengan mencampurkan putih telur dan madu yang telah dihangatkan. Tempelkan campuran tersebut dengan kapas di bagian T wajah kamu sampai mengering. Setelah itu, angkat secara perlahan dan bersihkan wajah kamu dengan air hangat. Komedo akan menempel pada permukaan kapas jika kamu melihat kapas tersebut secara seksama.

• Cobalah Untuk Scrubing Hidung.
Sebelum kamu melakukan scrubbing, coba lakukan steam terlebih dahulu dengan cara menguapi wajah kamu di dalam baskom yang berisi air hangat dan tutupi kepala kamu dengan handuk yang lebar. Ini akan mengakibatkan pori-pori terbuka dan memudahkan proses pada scrubbing. Setelah itu, gosok secara perlahan pada daerah hidung dengan scrub wajah. Langkah terakhir, bilas wajah kamu dengan air bersih dan tutup kembali pori-pori yang terbuka dengan memakai toner. Lakukan perawatan ini secara rutin maksimal 3 kali dalam seminggu.

• Cobalah Lakukan Facial dan Peeling.
Lakukan hal ini pada wajah kamu secara teratur setiap 2 minggu sekali. Dengan begitu, kotoran yang tersumbat di dalam pori-pori akan terangkat lebih maksimal. Dan pastinya penumpukan kulit mati akan ikut terangkat.

• Konsultasi ke dokter (dermatologis).
Jika ternyata komedo kamu tetap saja membandel. Dengan demikian, kamu bisa mendapatkan penanganan khusus yang lebih baik dari dokter spesialis untuk menangani masalah komedo yang terjadi pada wajahmu.


EmoticonEmoticon