Ebook Strategi Mengerjakan Soal TPA & TBI USM PKN STAN Dengan Hasil Maksimal

Hallo guys, agan dan sista calon mahasiswa-mahasiswi PKN STAN.
Alasan saya membuat artikel ini karena ada permintaan dari seseorang di grup (untuk nama saya samarkan yah) yang saya yakini juga, bisa membantu para pembaca yang ingin berjuang menghadapi USM PKN STAN.

Artikel ini saya Update 7 April 2017, karena harus menyesuaikan dengan persyaratan dan tata cara terbaru. Parahnya lagi banyak artikel saya yang di copas tanpa izin dengan saya.

Semoga dengan membaca artikel saya ini, kamu bisa lebih tahu bagaimana caranya mengerjakan soal USM PKN STAN dengan baik, benar, dan mendapatkan nilai yang optimal tentunya.

Saya harap kamu bisa membaca artikel ini hingga selesai dan memahami setiap isi yang sudah saya sampaikan ini ya ^_^ di jamin bakal berguna untuk menghadapi tes USM PKN STAN !!!
apa kamu sudah siap?
artikel ini cukup panjangan sekitar 2000 kata loh, jadi jangan lupa sediakan kopi dan cemilan yah ^_^ yuk langsung kita mulai dari sini...

Apa kamu selalu berharap banyak untuk bisa lulus dalam setiap kamu mengikuti tes Try Out maupun USM PKN STAN?
Padahal kamu sudah belajar cukup keras hingga banting tulang, tapi hasilnya tetap sama saja?
atau hanya terjadi peningkatan yang sedikit? berarti ada sesuatu yang salah dalam kamu mengerjakannya.
Nah, semua itu ada strateginya dan kamu harus tahu itu agar hasil nilai kamu bisa lebih maksimal.

Mari kita bahas secara perlahan, satu demi satu kita kupas. okay?

ebook mengerjakan usm pkn stan

Banyak dari kalian mungkin sudah tahu dan sering dengar orang bilang kalau kerjakanlah soal yang kamu rasa mudah, dan bentuk sederhananya soal seperti itu yang kamu utamakan adalah hal yang sangat penting (menurut saya sendiri). Perlu kamu ingat ya, jangan pernah kamu mencoba memaksakan diri untuk mengerjakan soal tersebut SECARA BERURUTAN, padahal soal tersebut cukup sulit di tambah lagi akan menguras waktu dan pikiran. Segera BUANG JAUH-JAUH rasa penasaran kamu terhadap soal yang susah bin sulit bin rumit itu. Kamu harus sadar kalau kamu sedang berpacu dalam melodi, eh salah berpacu dalam waktu. Jadi JANGAN BUANG WAKTU kamu secara percuma hanya karena rasa penasaran kamu atau merasa sudah kepalang tanggung karena sudah lama mengerjakan tapi tidak ada hasilnya. Saat menjalani tes maupun try out USM PKN STAN, ingatlah WAKTU SANGAT BERHARGA walaupun hanya sedikit dan gunakanlah dengan sebaik-baiknya.

Strategi dari saya, yang mungkin bisa kamu terapkan saat menjalani tes maupun try out. Cobalah urutan yang menurut saya adalah prioritas yang harus kamu kerjakan terlebih dahulu. Sebelum kita memulai untuk tahu bagaimana mendapatkan point maksimal dalam tes pertama yaitu tes tertulis USM PKN STAN, saya harus membagi porsi soal ke dalam beberapa bagian.

Siasat Mengerjakan Soal Untuk Bagian TPA USM PKN STAN :

Bagian pertama, yang harus kamu kerjakan adalah bagian Tes Verbal, yang meliputi :
1. Tes Sinonim (Mencari Persamaan Kata)
2. Tes Padanan Kata (Hampir Sama Dengan Mencari Persamaan Kata)
3. Tes Antonim (Mencari Lawan Kata)
4. Tes Analogi (Mencari Persamaan Hubungan Kata Yang Serupa Dalam Bentuk Lain)
5. Tes Teks Bacaan (Hampir Sama Dengan Tes Bacaan Bahasa Indonesia)

Bagian kedua, kamu harus mulai melewati bagian selanjutnya dan memulainya dari halaman TPA paling belakang. Kamu harus memulai dari :
6. Tes Pola Deret Gambar
7. Tes Deret Angka dan Tes Deret Huruf

Bagian Ketiga, kamu pindah ke bagian Tes Penalaran. Tes ini berisi tentang :
8. Silogisme atau penarikan kesimpulan
9. Mencari urutan mana yang paling TER, atau mana yang pertama hingga terakhir.
10. Mencari kesimpulan aritmetika seperti x > y , x , y , x = y

Bagian Keempat, atau bagian terakhir yaitu Tes Kuantitatif. Tes ini berisi tentang :
Soal-soal perhitungan, dari materi SD, SMP, dan SMA. Banyak soal-soal menjebak, rumit, ataupun hanya dengan melihat kamu sudah bisa menjawab.

 Siasat Mengerjakan Soal Untuk Bagian TBI USM PKN STAN : 
1. Kerjakan Bagian Structure & Written Expression
2. Kerjakan Error Recognition
3. Cloze Question
3. Kerjakan Reading Comprehension

Catatan :
Matematika atau tes kuantitatif ini terbilang mudah lowh, cuma terkadang jika tidak terbiasa akan banyak menyita waktu kamu, jadi kamu lebih baik mengerjakan bagian tes ini di akhir saja ^_^

Jika kamu ingin mendapatkan poin yang banyak, dan ingin lulus tes pertama USM PKN STAN. Kamu bisa mencoba cara ini untuk mendulang nilai setinggi mungkin.  Satu hal lagi yang harus kamu perhatikan, untuk lulus tes tertulis ini, kamu harus bisa lolos dari yang namanya NILAI MATI atau nilai minimum benar sebelum kamu di ranking se-Indonesia. Nilai mati tersebut adalah nilai dimana kamu harus benar 1/3 dari jumlah soal baik TPA maupun TBI. Jadi, kamu harus benar TPA minimal 40 soal dan TBI minimal 20 soal. Jika syarat itu tidak kamu penuhi, kamu saya pastikan tidak akan lulus tahap pertama USM PKN STAN. Walaupun kamu benar TPA 120 soal tapi benar TBI hanya 19 soal. Tentunya kamu tidak mau bukan jika seperti itu.
Sistem penilaiannya adalah jika benar +4, jika salah -1, dan jika kosong 0.

Setelah kamu mengetahui itu, dan jangan kamu lupakan bahwa ada banyak peserta USM PKN STAN. Kamu tidak akan bisa lulus jika kamu hanya menargetkan untuk bisa lolos dari nilai mati. Jadi yang harus kamu lakukan adalah mencari poin jawaban yang benar dengan sebanyak-banyaknya sampai waktu ujian telah habis.

Perlu kamu ketahui juga, bagaimana sistem penerimaan kelulusan tahap pertama USM PKN STAN. Hal yang pertama di lakukan oleh panitia adalah menyaring para peserta yang lulus nilai mati, kemudian mengambil nilai tertinggi sebanyak kuota yang telah ditentukan. Ingat hanya nilai tertinggi teratas sesuai kouta lowh yang di ambil dan bisa melanjutkan untuk tes USM PKN STAN selanjutnya.

Waktu untuk menjawab seluruh soal tertulis USM PKN STAN hanya 150 menit untuk 180 soal. Jadi jika kita hitung, ternyata kita tidak memiliki banyak waktu untuk menjawab setiap soal. Ada beberapa soal yang ternyata bisa kamu kerjakan hanya dalam waktu kurang dari 10 detik. Tapi ada juga soal yang membutuhkan waktu lebih dari 5 menit untuk menyelesaikannya. Pada intinya, cobalah kamu memaksimalkan waktu yang ada dengan mengerjakannya secara efesien dan efektif.

Pesan saya yang lain dalam teknik mengerjakan soal USM PKN STAN, di saat masih ada waktu yang tersisa :
1. jika kamu menemukan soal yang menurut kamu masih abu-abu (dalam arti lupa-lupa ingat caranya) lebih baik kamu tetap menjawab soal tersebut di sisa waktu yang ada. Cobalah melakukan gambling pada soal dengan metode memisahkan yang tidak mungkin dan sisanya tidak pakai nalar atau logika untuk menjawabnya. Jika tingkat keyakinan benarmu sekitar 50%, maka jawablah soal tersebut.

Ingat ya, bahwa perbandingan benar maupun salah adalah 1 : 5. gitu lho..

2. Jika kamu menemukan soal yang sama sekali kamu tidak mengerti harus bagaimana, alias BLANK atau sama sekali tidak mempunyai bayangan atau gambaran untuk mencari menjawab soal tersebut. Isilah jawaban tersebut dengan cara gambling lagi, tidak usah takut minus 1. Bayangkan saja mendapatkan nilai plus 4.
Apalagi jika kamu lemah pada bagian soal TBI, sangat saya anjurkan untuk mengisi semua soal walaupun belum tentu benar tapi setidaknya yang kita kejar adalah melewati nilai mati.

3. Walaupun waktu TPA sudah habis, dan di dalam mengerjakan soal TBI kamu masih punya sisa waktu. Kamu bisa mencoba menjawab soal yang kosong hanya dengan menembak. Ya tembak saja baca bismillah, karena sayang kan kalau kosong? Cuma minus 1, tapi kalau benar bisa tambah 4. Masa iya, tidak ada jawaban benar yang kamu tembak. Kebangetan banget kan.

Tentang Nilai Mati.

Saya jelaskan sekali lagi, bahwa pada soal USM PKN STAN terdapat nilai mati dan berbeda dengan soal SNMPTN yang tidak mempunyai nilai mati. Kamu bisa mendapatkan nilai mati, jika kamu hanya benar menjawab soal kurang dari 1/3 jumlah soal yang ada. Ini berlaku untuk TPA dan TBI.

Kesimpulannya, kamu sudah tahu kan?
Jadi jika kamu ingin lulus pada tahap pertama, kamu harus bisa menjawab benar pada bagian TPA 40 soal dan pada bagian TBI 20 soal. Ingat itu saja tidak cukup, kamu harus bisa mendapatkan nilai sebanyak-banyaknya. Setidaknya nilai yang kamu dapatkan 350, atau bahkan 400. Patokan saya untuk bisa lulus tes tahap pertama itu. Walaupun kadang ada yang mendapatkan nilai kurang dari 300 bisa di terima, semua tergantung dengan ranking se-Indonesia ya.

Cobalah untuk menerapkan terlebih dahulu tips saya ini pada soal try out atau soal dalam buku yang kamu timer sesuai waktu tes, untuk memastikan apakah tips saya sangat efektif.

Langkah menjawab dengan cara gambling maupun menembak hanya bersifat optional. Jika kamu suka bertaruh dan tidak takut, cobalah untuk bisa memaksimalkan nilai dengan tips saya. Tujuan saya memberikan tips mengerjakan soal USM STAN seperti itu, karena kamu harus bisa terbebas dari nilai mati dan juga kamu harus mendapat nilai tertinggi sebisa kamu untuk bisa lulus di tahap ini.

Ingat, PKN STAN tidak pernah memberitahukan berapa nilai terendah setiap tahun yang bisa lulus pada tahap pertama ini.

Ingat lagi, untuk soal TPA kuantitatif kamu harus mengerjakannya pada bagian terakhir ya karena banyak peserta yang tidak bisa menyelesaikan soal Penalaran ataupun soal Tes deret angka, huruf, dan gambar. Hanya karena sibuk atau terlalu asik mengotak-atik soal yang membuat penasaran. Tinggalkan dulu soal yang menurut kamu cukup sulit atau memakan banyak waktu.

Ingat sekali lagi, untuk soal TBI ataupun TPA. Walaupun kamu sudah bisa menjawab yakin benar melewati nilai mati misalkan 30 soal TBI dan 50 soal TPA, kamu harus tetap berjuang menyelesaikan semuanya hingga berbunyi suara bel tanda waktu tes telah selesai.

Yakinlah bahwa soal USM PKN STAN itu tidak sulit, percayalah kalau soal USM STAN itu mudah. Agar efeknya kamu enjoy dalam mengerjakannya. Memang sebenarnya soal-soalnya mudah bukan? Kalau kamu sering berlatih dan tahu macam-macam tipe soal.

Setelah kamu anggap kamu sudah melewati nilai mati, tinggal kamu berusaha untuk menambah nilai lebih tinggi dengan menjawab soal-soal yang belum terjawab.
Disini, kamu akan mengahadapi saingan yang mana sama seperti kamu yaitu peserta USM PKN STAN yang lain.

Semakin banyak kamu menjawab benar soal USM STAN, maka akan semakin banyak peluang kamu untuk bisa lulus pada tahap tes pertama ini.
Sebaliknya, jika kamu tidak bisa melewati nilai mati maka tetap berdoa dan berusaha. Karena belum tentu kunci jawaban yang beredar dari bimbel 100% benar. Apapun hasil yang akan keluar, kamu tetap harus menerima walaupun itu kabar baik ataupun buruk.

Jika pada saat kamu tidak bisa menjawab soal, maka tidak ada cara lain lagi. Jalan terakhir untuk bisa melewati nilai mati ya dengan coba menerka ataupun menebak jawaban mana yang benar. Mari kita gambling. Jangan lupa pakai logika dan feeling kamu sebelumnya, pisahkan yang menurutmu bukan jawaban, dan sisanya jawablah dengan berbagai pertimbangan.
Dalam keadaan terpaksa, cara gambling ini sangat saya sarankan. Tebaklah opsi mana yang menurut kamu sangat mendekati dari jawaban yang di minta.

Atur strategi bagaimana caranya mengerjakan soal USM PKN STAN agar kamu bisa melewati nilai mati dan mendapatkan skor nilai setinggi mungkin.

Apakah kamu yakin bisa mengerjakan soal STAN kurang dari 50 detik sudah termasuk melingkari biodata dan jawaban?
Jawab dengan pasti, dan yakin. AKU BISA!!!
Kamu akan bisa karena kamu terbiasa, jadi selalu belajar di sela waktumu.

Jika saya Analogikan, mungkin seperti ini:
Kamu bisa saja langsung bisa mengendarai motor, walaupun kamu baru pertama kali naik dan memegangnya sendiri. Rasa pertama walaupun kamu bisa pasti masih terasa kaku dan membuat tegang. Lain halnya jika kamu sudah beberapa kali atau sering mengendarai, pastinya rasa itu akan menghilang dan berubah menjadi suatu keyakinan.
Sama seperti soal USM PKN STAN, Kalau bicara hanya bisa saja, semua orang bisa mengerjakan. Tapi untuk bisa lebih cepat mengerjakan kamu harus terbiasa mengahadapi variasi soal. Awalnya memang sedikit sulit, tapi setelah kamu sudah tau dimana enaknya dan sudah terbiasa maka waktu kamu mengerjakan tiap soal akan lebih terasa mudah dan cepat.

Terima kasih sudah meluangkan waktunya untuk membaca artikel atau bisa saya bilang ebook USM PKN STAN yang coba saja telanjangi satu per satu. Jika ada yang mau ditanyakan,silahkan tinggalkan komentar dibawah ini.


Admin STTDUS

19 komentar

terima kasih banyak min, sangat bermanfaat sekali ^^

Makasih banyak ya sangat bermanfaat ^_^

makasih yha,, udah bantu ngejelasin... mohon doanya yah semoga lulus STAN

terimaksih bang .,.
lemah teles, gusti alloh seng bales.
doakan ketrima ya bang :)

muhammad rifqy setyanto delete 9 Juli 2013 pukul 02.53

makasih min, doakan tembus stan 2013 ya :D soalnya kemaren sbmptn masih belum rejeki hehehehe

terima kasih buat strategi kerennya..
namun saya sedikit kurang mengerti dengan sistem niai mati..
jika total soal soal yang benar dari soal tpa yang saya kerjakan= 49 dan salah 10, apakah itu termasuk nilai mati?

@tegar satria: intinya nilai mati itu begini. kamu harus bisa menjawab 40 soal TPA dengan benar semua, dan menjawab soal2 TBI nya 20 soal benar semua.
Kalau yang dijawab tidak sampai segitu, maka tidak lulus meskipun TPA kamu jawab benar 120 soal.

bismillah...
semoga bisa
#2015
amiinn.....

MAKASIH MIMIN BERMANFAAT BANGET BUAT AKU.

Semoga bisa lulus msuk stan amin iya allah.

Ka, misalnya saya mengerjakan 45 soal tpa, 40 benar dan 5 soal salah. Apakah saya bisa melewati nilai mati ka? Mengingat ada nilai -1 untuk setiap soal salah, tapi saya juga sudah mengerjakan 40 soal bnar

Bisa melewatinya, tapi saja tidak menjamin hanya dengan benar 40 soal bisa lulus usm stan. Ya standar total nilanya 350 point. Bisa mencapai 400 insya allah kamu bisa diterima bila nilai mati TPA dan TBI sudah lewat.

Izin share ya admin. 😃

Arigatogozaimash. Semoga saya bisa masuk PKN STAN. Aamiin ya Alloh

Trimakasih min ,suda memotivasi saya dan memberi arahan yang sangat baik , semoga saya bisa lolos usm PKN STAN 2018 , mohon do'anya min

Terimakasih min, sangat bermanfaat. Semoga aku bisa lolos usm pkn stan tahap 1,2, &3... aamiin

info juga buat kalian nih min, kalau mau lulus coba persiapkan diri dengan mengikuti bimbel PKN STAN.


EmoticonEmoticon